dc.description.abstract | Travel agent berperan penting dalam kegiatan pariwisata. Dalam tugasnya,
travel agent merupakan perantara dalam proses penyaluran jasa pariwisata. Pada
dasarnya travel agent hanya menjual produk yang diberikan oleh biro perjalanan
dengan catatan tidak boleh merubah isi dari produk yang telah diberikan oleh biro
perjalanan. Sedangkan biro perjalan membuat, merancang, serta menyusun produk
wisata yang juga dapat menjual langsung produk tersebut. Dalam travel agent
terdapat beberapa bagian, yaitu bagian ticketing, tour, visa, serta hotel. Untuk tour
terdapat tiga macam tour yang dijual, yaitu tour domestik, tour internasional, serta
perjalanan pelayaran atau biasa disebut juga cruise.
Sebuah travel agent tentunya melihat musim liburan, seperti pada saat
high season atau low season. Pada saat high season harga pada produk yang
diberikan relatif lebih mahal dari pada low season. Hal tersebut dikarenakan
banyaknya wisatawan yang mengadakan perjalanan wisata pada saat musim
liburan. Para wisatawan akan memanfaatkan jasa travel agent untuk melakukan
perjalanan wisata, seperti mengikuti program tour atau paket wisata yang
ditawarkan oleh travel agent. Seperti halnya pada travel agent K.I.A Tours &
Travel Malang yang menawarkan paket wisata Korea. Paket wisata Korea
merupakan program tour yang diadakan oleh K.I.A Tours & Travel Malang. Paket
wisata ini menawarkan dua jenis paket wisata, yaitu paket wisata Korea dengan
Pulau Jeju dan tanpa Pulau Jeju. Harga paket wisata Korea dengan Pulau Jeju
relaif lebih mahal dari pada tanpa Pulau Jeju. Hal tersebut dikarenakan adanya
penerbangan domestik dari Seoul menuju Pulau Jeju. Mahal atau tidaknya harga
paket wisata Korea juga ditentukan dari musim di Korea, lama stay di Korea, serta
pada masa high season atau low season. Proses pemberian informasi berlangsung dengan menggunakan metode
technical selling sebagai salah satu metode untuk menjualkan paket wisata Korea.
Metode technical selling adalah proses pemberian saran serta pemecahan masalah
pada konsumen yang sesuai dengan pengalaman penjual, dengan teknik
penyampaian yang dapat menentukan keputusan produk atau jasa yang akan dibeli
oleh konsumen. Respon yang didapat oleh K.I.A Tours & Travel Malang adalah
respon positif, yang mana dapat berpengaruh pada penilaian peserta tour terhadap
K.I.A Tours & Travel Malang. Respon yang bagus dapat berdampak pada
peningkatan penjualan paket wisata Korea yang nantinya akan memberikan
peningkatan pemasukan yang cukup signifikan. | en_US |