PERANAN BAHASA INGGRIS DALAM PROMOSI PARIWISATA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI KOTA MALANG
Abstract
Seperti kita ketahui, di era pasar bebas seperti sekarang ini, persaingan claim dunia kerja semakin pesat seiring dengan perkembangan pengetahuan, budaya dan pola pikir manusia, serta kecanggihan teknologi. Pasar bebas atau era globalisasi menuntut suatu komunikasi yang lancar, baik dan benar, baik di bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang dipakai oleh bangsa-bangsa di seluruh penjuru dunia sebagai bahasa pengantar, sehingga saat ini bahasa Inggris mempunyai pesan yang sangat penting. Dalam dunia kepariwisataan, khususnya dalam mempromosikan suatu daerah, obyek atau produk wisata, peranan bahasa Inggris sangat penting karena bahasa Inggris merupakan suatu media untuk mempermudah memperkenalkan produk pariwisata kita di dunia internasional. Apabila bahasa Inggris yang digunakan dalam promosi tersebut baik, lancar dan mudah di mengerti, maka informasi yang disampaikanpun menjadi lebih mudah diterima dan ditangkap maksudnya. Apabila sudah terjadi hal yang demikian, maka calon wisatawan yang mengetahui tentang informasi tersebut menjadi tertarik dan akhirnya mempunyai keinginan untuk berkunjung dan melihat langsung apa yang diinformasikan tadi. Jika wisatawan asing tersebut merasa senang dan mempunyai kesan yang menyenangkan tentang Indonesia, tanpa kita sadari merekapun akan mempromosikan negara kita di tempat tinggalnya. Bertitik tolak dari hal itu, maka akhirnya penulis mengambil judul "Peranan Bahasa Inggris dalam Promosi Pariwisata sebagai upaya Peningkatan Kunjungan Wisatawan di Kota Malang". Laporan ini dibuat berdasarkan Praktek Kerja Nyata yang dilakukan di Kantor Dinas Pariwisata Kota Malang dengan standar waktu 240 jam kerja.