PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES MULTIPLE CHOICE HIGH ORDER THINKING PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS E-LEARNING DI SMA
Abstract
Berdasarkan analisis hasil penenlitian dan pembahasan yang telah
diuraikan pada bab sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
a. Instrumen tes multiple choice high order thimking pada pembelajaran fisika
berbasisi e-learning di SMA didasarkan pada data hasil validasi ahli
memenuhi kriteria valid. Validitas empirik yang didapat memenuhi kriteria
validitas sangat tinggi. Hasil uji reliabilitias pada produk menunjukkan bahwa
paket soal A dan peket soal B menunjukkan kategori sedang.
b. Analisis butir soal yaitu tingkat kesukaran paket A dan B masih memerlukan
perbaikan. Pada analisis Daya pembeda terdapat 27 soal layak digunanakan
dan 13 soal kategori tidak layak karena memiliki daya pembeda jelek. Pada
analisis pengecoh ada 16 soal paket A dan 10 soal paket B dengan distraktor
diterima karena cukup baik dan ada 14 soal dengan distraktor direvisi karena
kurang baik.
c. kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa setelah menggunakan Instrumen tes
multiple choice high order thimking pada pembelajaran fisika berbasisi elearning
di SMA dapat dikategorikan cukup baik.