PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL DISERTAI MULTIREPRESENTASI PADA POKOK BAHASAN KALOR DAN PERPINDAHANNYA DI SMP
Abstract
Berdasarkan data yang diperoleh pada hasil dan pembahasan
pengembangan yang telah dipaparkan pada bab sebelumnya, maka dapat diambil
kesimpulan sebagai berikut.
a. Validitas logis modul pembelajaran berbasis kontekstual disertai
multirepresentasi pada pokok bahasan kalor dan perpindahannya di SMP Islam
Terpadu Al-Ghozali Jember dikategorikan cukup valid. Validitas pengguna
modul pembelajaran berbasis kontekstual disertai multirepresentasi pada pokok
bahasan kalor dan perpindahannya di SMP Islam Terpadu Al-Ghozali Jember
dikategorikan sangat valid.
b. Modul pembelajaran berbasis kontekstual disertai multirepresentasi mampu
meningkatkan kemampuan multirepresentasi dengan skor N-Gain berkategori
tinggi. Analisis data tersebut menunjukkan adanya perbedaan kemampuan
multirepresentasi siswa sebelum menggunakan modul pembelajaran berbasis
kontekstual disertai multirepresentasi dan sesudah menggunakan modul
pembelajaran berbasis kontekstual disertai multirepresentasi di kelas VII C
SMP Islam Terpadu Al-Ghozali Jember.
c. Respon siswa yang didapatkan dalam penelitian ini adalah positif. Hal ini
berarti siswa menyukai modul pembelajaran berbasis kontekstual disertai
multirepresentasi pada pokok bahasan kalor dan perpindahannya di SMP Islam
Terpadu Al-Ghozali Jember yang dikembangkan.