• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA IPA-BIOLOGI (Kelas VII MTs. Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2016/2017)

    Thumbnail
    View/Open
    Zainatuh Arifah - 130210103066_.pdf (2.247Mb)
    Date
    2017-10-26
    Author
    ARIFAH, Zainatuh
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative script dalam pendekatan saintifik terhadap keterampilan proses sains dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative script dalam pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa IPA-biologi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen menggunakan kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melalui observasi kegiatan belajar mengajar, keterampilan proses, dan hasil belajar afektif siswa, dokumentasi, wawancara kepada guru mata pelajaran IPA serta hasil tes hasil belajar kognitif. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis uji-t untuk data hasil keterampilan proses sains dan hasil belajar afektif, serta analisis Anakova untuk data hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil observasi, diketahui bahwa perbedaan rerata keterampilan proses sains antara kelas eksperimen sebesar (83,89) dan kelas kontrol sebesar (74,04), dan berdasarkan hasil uji t untuk data keterampilan proses, diketahui bahwa signifikansinya sebesar (0,019). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh perlakuan yaitu penggunaan model pembelajaran cooperative script terhadap keterampilan proses sains antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil observasi, diketahui bahwa perbedaan rerata hasil belajar aspek afektif antara kelas eksperimen sebesar (80,58) dan kelas kontrol sebesar (75,38), dan berdasarkan hasil uji t untuk data afektif siswa, diketahui bahwa signifikansinya sebesar (0,225). Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan nilai afektif siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan uji Anakova pada data hasil pretest dan posttest dapat diketahui bahwa hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, dengan selisih rerata kelas eksperimen (31,3) dan selisih rerata kelas kontrol (25,77) dengan signifikansi sebesar (0,000). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar kognitif siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82657
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository