PENERAPAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DENGAN MODEL SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP (Kelas VIIB MTs Negeri Glenmore Tahun ajaran 2016/2017)
Abstract
Temuan fakta ketika dilakukan observasi di kelas VII B MTs Negeri
Glenmore nilai siswa pada mata pelajaran biologi terdapat 92,59% siswa belum
mencapai kriteria ketuntasan maksimal yang ditetapkan yaitu 78. Hasil belajar
kelas VII B yang masih rendah dikarenakan aktivitas siswa yang masih rendah.
Hal tersebut sesuai dengan hasil observasi yang menunjukkan siswa masih
melakukan aktivitas lain dalam pembelajaran seperti berbincang-bincang dengan
teman sebangku, bercanda dan melamun. Kebanyakan siswa jenuh jika harus
menghafal dan memahami pelajaran tanpa adanya variasi, karena pembelajaran
biologi lebih menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung.
Melihat permasalahan tersebut, perlu adanya perbaikan supaya tujuan
pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa melalui Pendekatan
Jelajah Alam Sekitar dengan Model Snowball Throwing di kelas VII B MTs
Negeri Glenmore.
Jenis penelitiannya yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Tahapan siklus
satu meliputi: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tahapan pada siklus
berikutnya adalah perencanaan yang sudah direvisi, tindakan, observasi dan
refleksi. Demikian untuk siklus berikutnya sampai terjadi peningkatan yang
diharapkan tercapai. Terdapat dua siklus pada penelitian ini, tiap siklus terdiri dari
3 kali pertemuan, yakni 2 pertemuan untuk tatap muka dan 1 kali pertemuan untuk
tes akhir siklus. Jika pada siklus I hasil belajar biologi siswa tuntas, maka siklus II
akan tetap dilaksanakan sebagai bahan refleksi untuk mengetahui peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa. Rancangan pembelajaran siklus II yang
diterapkan sama dengan siklus sebelumnya namun sudah dilakukan perbaikan.
Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan hasil
belajar siswa dalam pembelajaran biologi melalui penerapan pendekatan Jelajah
Alam Sekitar dengan model Snowball Throwing. Peningkatan aktivitas belajar
siswa juga terlihat dari rata-rata klasikal dari siklus 1 ke siklus 2 13,94.
Peningkatan hasil belajar siswa dari prasiklus ke siklus 1 sebesar 40,86 dan
ketuntasanya 70,37%, dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 2,74 dan ketuntasanya
7,41%, peningkatan prasiklus ke siklus 2 sebesar 43,6 ketuntasanya 77,78.
Peningkatan tertinggi terjadi pada prasiklus ke siklus 2.
Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa penerapan
Pendekatan Jelajah Alam Sekitar dengan Model Snowball Throwing Tahun
Pelajaran 2016/2017 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa
kelas VII B.