TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV-B TEMA KAYANYA NEGERIKU DI SDN SUMBERSARI 01 JEMBER
Abstract
Proses pembelajaran pada kurikulum 2013 menekankan pada tiga ranah
yaitu ranah afektif, kognitif, dan psikomotor. Peserta didik tidak hanya berpaku
pada ranah kognitif, melainkan harus diperhatikan pula pembelajaran yang
berkaitan dengan ranah afektif dan ranah psikomotor, sehingga tujuan
pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Berdasarkan hasil observasi awal,
wawancara, dokumen yang dilakukan di SDN Sumbersari 01 Jember diketahui
bahwa kegiatan pembelajaran yang dilakukan lebih menekankan pada ranah
kognitif dibandingkan dengan pembelajaran pada ranah afektif dan psikomotor.
Selain itu, hasil belajar siswa juga berkisar pada kriteria cukup dan kurang.
Secara klasikal hasil belajar siswa ranah afektif diperoleh skor 67,68 dalam
kriteria sedang/cukup, ranah kognitif diperoleh skor 67,27 dalam kriteria
sedang/cukup, dan ranah psikomotor diperoleh skor 52,37 dalam kriteria kurang.
Berdasarkan permasalahan di atas, maka dilakukan penelitian dengan
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples
berbantuan media gambar dan video. Rumusan masalah dari penelitian tersebut
yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe examples non
examples berbantuan media gambar dan video dapat meningkatkan hasil belajar
siswa kelas IV-B pada tema kayanya negeriku di SDN Sumbersari 01 Jember?
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe examples non examples berbantuan media gambar
dan video pada tema kayanya negeriku dalam meningkatkan hasil belajar siswa
kelas IV-B di SDN Sumbersari 01 Jember.