dc.description.abstract | Bahan ajar fisika yang digunakan di sekolah sebaiknya tidak hanya
menyajikan produk saja tetapi harus menyertakan proses dalam pembelajaran
fisika agar siswa dapat terlibat aktif dalam pembelajaran, sehingga siwa dapat
mengembangkan keterampilannya. Seperti yang tercantum dalam Undang-
Undang Nomor 20 Tahun 2003, “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana
untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik
secara aktif meningkatkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual
keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta
keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara”. Salah satu
bahan ajar yang dapat membantu siswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan
pembelajaran sehingga dapat mengembangkan keterampilan yaitu LKS (Lembar
Kerja Siswa). Keterampilan yang dibutuhkan bagi siswa pada abad 21 salah
satunya yaitu collaborative skills. Berdasarkan uraian tersebut, maka perlu
dilakukan penelitian pengembangan LKS (Lembar Kerja Siswa) yang dapat
meningkatkan keterampilan siswa berupa collaborative skills. Tujuan dari
penelitian pengembangan ini yaitu untuk menguji validitas, mendeskripsikan
peningktan collaborative skills, respon siswa dan keterlaksanaan pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dirancang untuk
menghasilkan produk berupa LKS (Lembar Kerja Siswa) fisika berbasis CTL
(Contextual Teaching and Learning) untuk meningkatkan collaborative skills
siswa di SMA pada materi hukum Hooke dan elastisitas. Desain penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah desain model 4-D (define, design, develop,
dan destimintate) oleh Thiagarajan, | en_US |