Show simple item record

dc.contributor.advisorWahyuni, Sri
dc.contributor.advisorYushardi
dc.contributor.authorPuspita, Ika Ayu
dc.date.accessioned2017-10-25T01:07:03Z
dc.date.available2017-10-25T01:07:03Z
dc.date.issued2017-10-25
dc.identifier.nimNIM 120210102088
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82610
dc.description.abstractBahan ajar fisika yang digunakan di sekolah sebaiknya tidak hanya menyajikan produk saja tetapi harus menyertakan proses dalam pembelajaran fisika agar siswa dapat terlibat aktif dalam pembelajaran, sehingga siwa dapat mengembangkan keterampilannya. Seperti yang tercantum dalam Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003, “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif meningkatkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara”. Salah satu bahan ajar yang dapat membantu siswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat mengembangkan keterampilan yaitu LKS (Lembar Kerja Siswa). Keterampilan yang dibutuhkan bagi siswa pada abad 21 salah satunya yaitu collaborative skills. Berdasarkan uraian tersebut, maka perlu dilakukan penelitian pengembangan LKS (Lembar Kerja Siswa) yang dapat meningkatkan keterampilan siswa berupa collaborative skills. Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu untuk menguji validitas, mendeskripsikan peningktan collaborative skills, respon siswa dan keterlaksanaan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dirancang untuk menghasilkan produk berupa LKS (Lembar Kerja Siswa) fisika berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk meningkatkan collaborative skills siswa di SMA pada materi hukum Hooke dan elastisitas. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain model 4-D (define, design, develop, dan destimintate) oleh Thiagarajan,en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectCOLLABORATIVE SKILLSen_US
dc.titlePENGEMBANGAN LKS (LEMBAR KERJA SISWA) FISIKA BERBASIS CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN COLLABORATIVE SKILLS SISWA DI SMAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record