Show simple item record

dc.contributor.advisorMuchtar, Imam
dc.contributor.advisorFitriyah, Chumi Zahroul
dc.contributor.authorSari, Siti Esa Devika
dc.date.accessioned2017-10-24T04:35:29Z
dc.date.available2017-10-24T04:35:29Z
dc.date.issued2017-10-24
dc.identifier.nimNIM130210204081
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82566
dc.description.abstractHasil wawancara dan observasi terhadap guru kelas III dan siswa kelas III menunjukkan bahwa guru masih kesulitan dalam memilih model pembelajaran yang tepat untuk memperbaiki hasil belajar siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe course review horay belum pernah diterapkan oleh guru kelas III. Rumusan masalah penelitian adalah “adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap hasil belajar siswa kelas III tema energi dan perubahannya di SDN Ajung 03 Jember semester genap tahun ajaran 2016/2017”. Tujuan penelitian untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap hasil belajar siswa kelas III tema energi dan perubahannya di SDN Ajung 03 Jember semester genap tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di SDN Ajung 03 Jember pada tanggal 16 Desember 2016 sampai dengan 30 Maret 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 105 siswa sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas 3A dan kelas 3B yang berjumlah 69 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan design penelitian pra eksperimental pola postest only control group design. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Uji homogenitas menggunakan analisis varian (ANAVA) satu jalur dengan hasil perhitungan dengan SPSS menunjukkan harga 𝐹 = 2, 880. Hasil perhitungan tersebut dikonsultasikan dengan tabel kritik F dengan db dari MK pembilang 2 dan db dari Mk pembagi 102 yaitu harga 𝐹 𝑡𝑒𝑙 𝑜 pada taraf signifikan 5% adalah 3, 07, sedangkan pada taraf signifikan 1% adalah 4, 98. Hal ini menunjukkan bahwa harga 𝐹 𝑜 < 𝐹 baik pada taraf signifikan 1% maupun 5%, yang artinya tidak terdapat perbedaan mean pada ketiga kelas atau dengan 𝑡𝑒𝑙kata lain ketiga kelas populasi adalah homogen. Ketiga kelas yang homogen tersebut kemudian diundi secara acak untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil pengundian tersebut diperoleh kelas 3A sebagai kelas kontrol dan kelas 3B sebagai kelas eksperimen. Hasil uji-t sampel terpisah pada ranah kognitif diperoleh harga 𝑡 = 2, 272, uji-t pada ranah afektif diperoleh harga 𝑡 = 2, 292 dan uji-t ranah psikomotorik diperoleh harga 𝑡 𝑜 𝑜 = 3, 220. Hasil uji-t tersebut kemudian dikonsultasikan pada tabel distribusi t dengan db 67 pada taraf 5% yaitu harga 𝑡 = 2, 000. Hal ini menunjukkan bahwa harga 𝑡 𝑜 > 𝑡 𝑡𝑒𝑙 𝑡𝑒𝑙 untuk ketiga ranah tersebut baik ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik. Artinya, ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap hasil belajar siswa kelas III tema energi dan perubahannya di SDN Ajung 03 Jember semester genap tahun ajaran 2016/2017. Hasil perhitungan kefektifan relatif pada ranah kognitif menunjukkan angka 14, 32%., pada ranah afektif menunjukkan angka 6, 06% dan pada ranah psikomotorik menunjukkan angka 16, 78 %. Hal ini menunjuukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe course review horay 14, 32% lebih efektif dibanding pembelajaran yang sesuai buku guru kurikulum 2013 pada ranah kognitif, 6,06% lebih efektif pada ranah afektif dan 16, 78% lebih efektif pada ranah psikomotorik. Namun, keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay masih tergolong sangat rendah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap hasil belajar siswa kelas III tema energi dan perubahannya di SDN Ajung 03 Jember semester genap tahun ajaran 2016/2017. Saran dari penelitian ini adalah untuk guru model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran di dalam kelas dan untuk peneliti lain disarankan untuk menggadakan pretest dan lebih mengontrol faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar dalam penelitian yang lebih luas yang mana hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi penelitian awal untuk penelitian lebih lanjut. 𝑜en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210204081;
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatifen_US
dc.subjectCourse Review Horayen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Tema Energi dan Perubahannya Di SDN Ajung 03 Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record