PENERAPAN MODEL TBL (TEAM BASED LEARNING) BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PERFORMANSI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 3 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI MAN 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2016/2017
Abstract
Pembelajaran sejarah yang diharapkan Kurikulum 2013 meliputi ketuntasan
kompetensi ranah afektif, kognitif dan psikomotor. Kondisi dikelas XI IPS 3 MAN
1 Jember menunjukkan performansi belajar yang rendah serta media pembelajaran
yang monoton. Performansi belajar yang rendah tercermin dari: (1) rendahnya
persentase ketuntasan klasikal performansi proses sebesar 50,08%; (2) persentase
ketuntasan klasikal performansi hasil sebesar 55,55% serta; (3) sikap belajar peserta
didik yang kurang optimal dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 58,33%.
Berdasarkan permasalahan pembelajaran tersebut dapat diatasi dengan melakukan
penelitian tindakan kelas melalui penerapan model TBL (team based learning)
berbantuan media video