dc.description.abstract | Fisika merupakan ilmu yang mempelajari tentang materi dan energi serta
lahir dan berkembang melalui langkah-langkah observasi, perumusan masalah, penyusunan hipotesis,
pengujian hipotesis melalui eksperimen, penarikan kesimpulan serta penemuan konsep dan teori. Untuk
menunjang keberhasilan pembelajaran fisika diperlukan perangkat pembelajaran yang mendukung, salah
satunya adalah media pembelajaran. Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk
menyalurkan pesan (materi pembelajaran, merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan
siswa, sehingga dapat mendorong proses pembelajaran).
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran fisika kelas X KIA di SMK Negeri 5 Jember,
didapatkan informasi bahwa siswa tidak menyukai terhadap pelajaran fisika. Hal ini dikarenakan guru
jarang menggunakan media pembelajaran di kelas yang pada akhirnya menyebabkan siswa kurang tertarik
terhadap pembelajaran fisika, siswa merasa bosan di kelas. Selain itu guru juga masih sering
menggunakan satu macam metode saja. Hal ini dikarenakan penggunaan media pembelajaran di kelas,
guru membutuhkan persiapan waktu dan biaya yang banyak. Dengan kata lain pembelajaran masih sering
terpusat pada guru sehingga kondisi kelas menjadi tidak kondusif dan siswa kurang mengeksplorasi
kemampuan komunikasi di kelas. Berdasarkan uraian di atas, maka dibutuhkan solusi untuk mengatasi
permasalahan tersebut yaitu dengan suatu media pembelajaran kartu UNO. Sehingga tujuan pada
penelitian ini adalah mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran fisika
berbasis UNO Smart Card pada pokok bahasan termodinamika di SMK.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dirancang untuk menghasilkan produk berupa
media pembelajaran fisika berbasis UNO Smart
Card pada pokok bahasan termodinamika di SMK. Penelitian pengembangan ini menggunakan model
pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develope, Implementation, Evaluation). Instrumen perolehan
data yang digunakan yaitu terdiri dari lembar validasi media, lembar penilaian aktivitas siswa
berupa lembar observasi, lembar pre-test dan post-test, lembar keterlaksanaan berupa lembar
observasi, dan lembar angket respon siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu validasi,
observasi, tes, dan angket. Data yang didapat adalah validitas, kepraktisan, dan keefektifan.
Berdasarkan hasil validasi yang telah dilakukan, media pembelajaran fisika berbasis UNO Smart Card
pada pokok bahasan termodinamika di SMK termasuk dalam kategori sangat valid dengan skor 81,33%,
efektif dari segi N- gain diperoleh skor 0,75% untuk kelas X KIA 1 dan 0,79 % untuk kelas X KIA 2
dengan kategori tinggi, sedangkan dari segi aktivitas belajar siswa diperoleh skor sebesar 87,71 %
untuk kelas X KIA 1 dan 87,87 % untuk kelas X KIA 2 dengan kategori sangat aktif, praktis dari segi
keterlaksanaan sebesar 93,33% untuk kelas X KIA 1 dan 93,33 % untuk kelas X KIA 2 dengan kategori
tinggi. Sedangkan dari segi respon siswa diperoleh skor sebesar 93,74,71 % untuk kelas X KIA 1 dan
90,12 % untuk kelas X KIA 2 memiliki kriteria respon siswa sangat positif.
Berdasarkan hasil dan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan yang dapat diambil dari
penelitian ini adalah: 1) Validitas media pembelajaran fisika berbasis UNO Smart Card pada pokok
bahasan termodinamika di SMK dikategorikan valid 2) Keefektifan media pembelajaran fisika berbasis
UNO Smart Card pada pokok bahasan termodinamika di SMK memiliki kriteria tinggi,
3) Media pembelajaran fisika berbasis UNO Smart Card pada pokok bahasan termodinamika di SMK
memiliki kriteria kepraktisan tinggi. | en_US |