Show simple item record

dc.contributor.advisorYuliati, Nanik
dc.contributor.advisorSyarifuddin
dc.contributor.authorAmirdyasari, Shinta Hardikna
dc.date.accessioned2017-10-23T06:10:11Z
dc.date.available2017-10-23T06:10:11Z
dc.date.issued2017-10-23
dc.identifier.nimNIM130210205055
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82484
dc.description.abstractMinat anak terhadap angka sangat besar. Kemampuan berhitung dibangun oleh keingintahuan, semangat anak-anak dalam proses pembelajaran, berbagai bentuk angka seringkali ditemui, misalnya permainan kereta angka. Hasil pembelajaran pada kelompok B di TK Taman Indria anak yang belum mampu berhitung disebabkan karena media pembelajaran guru kurang menarik, kurang alat peraga yang digunakan dalam pembelajaran, metode pembelajaran yang kurang menarik, sehingga minat dan motivasi dalam belajar berhitung pada anak kurang. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan menerapkan media pohon hitung dalam meningkatan kemampuan berhitung anak kelompok B di TK Taman Indria kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi, 2) meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B melalui metode pohon hitung di Tk Taman Indria Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di TK TAMAN INDRIA Kecamatan Bang Bangorejo Kabupaten Banyuwangi tahun ajaran 2016/2017. Waktu pelaksanaan di rencanankan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah anak kelompok B2 dengan jumlah 25 anak, terdiri atas 10 anak perempuan dan 15 anak laki-laki. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan kemampuan berhitung dengan bermain pohon hitung anak kelompok B TK TAMAN INDRIA Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2016/2017 mengalami peningkatan. Penerapan bermain pohon hitung di TK Taman Indria di siklus I dengan menerapkan kegiatan bermain pohon hitung di awali dengan pembukaan, pengenalan angka 1-10, tanya jawab melakukan kegiatan mengurutkan angka pada media pohon hitung, dengan cara anak menempelkan angka sesuai dengan jumlah buah yang ada dalam media pohon hitung dan mengurutkan, sambil bernyanyi. Penerapan pada siklus II anak membenahi angka yang belum sempurna atau belum tepat tata letaknya yang terbuat dari kain flanel dan di tempelkan pada media pohon hitung yang terbuat dari sterofom. Hasil penerapan penelitian di TK TAMAN INDRIA Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi melalui bermain pohon hitung, kemampuan berhitung anak kelompok B2 mengalami peningkatan. Saran penelitian ini bagi guru adalah guru hendaknya dapat menggunakan media bermain pohon hitung sebagai salah satu alternatif dalam proses pembelajaran, khususnya dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210205055;
dc.subjectKemampuan Berhitungen_US
dc.subjectMedia Pohon Hitungen_US
dc.titlePeningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok B Melalui Bermain Media Pohon Hitung Di Tk Taman Indria Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record