PROSEDUR PELAKSANAAN ADMINISTRASI PEMBERIAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) CABANG JEMBER.
Abstract
Berdasarkan Praktek Kerja Nyata yang dilakukan pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) cabang Jember, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut. 1. PT. Bank Tabungan Negara (Persero) merupakan lembaga keuangan bank yang usaha pokoknya adalah memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran peredaran uang. 2. Kredit yang diberikan oleh bank mengandung resiko, sehingga claim pelaksanaan bank hams memperhatikan asas-asas perkreditan yang sehat untuk mengurangi resiko yang mungkin dapat terjadi. Jaminan pemberian kredit dalam arti keyakinan atas kemampuan dan kesanggupan debitur untuk melunasi hutangnya sesuai dengan yang dijanjikan merupakan faktor penting yang harus diperhatikan oleh bank. 3. Bank harus memperhatikan dalam pemberian kredit terhadap watak, kemampuan, modal, agunan dan prospek usaha debitur. 4. Dalam pemberian Kredit Pemilikan Rumah ada beberapa tahap yang harus dilalui oleh calon debitur antara lain: a. Tahap pra realisasi b. Tahap realisasi c. Tahap post realisasi 5. Laporan yang dibuat pada pengadministrasian kredit antara lain: a. Neraca harian, yang dibuat setiap hari untuk mengetahui besarnya kredit yang diberikan pada had yang bersangkutan. b. Laporan realisasi setiap pekan, dalam laporan ini ditulis nama debitur, besarnya kredit dan type rumah yang diambil. Laporan realisasi dibuat dua rangkap, lembar pertama dikirim ke kantor pusat sebagai dasar untuk membuat laporan tahunan mengenai jumlah kredit secara keseluruhan, sedangkan lembar kedua sebagai dokumen pokok kantor cabang untuk membuat laporan neraca.