Show simple item record

dc.contributor.advisorSAMA'I
dc.contributor.authorN R, Achmad Faiq
dc.date.accessioned2017-10-21T06:16:19Z
dc.date.available2017-10-21T06:16:19Z
dc.date.issued2017-10-21
dc.identifier.nim120910301071
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82424
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Persepsi Klien Terhadap Pelayanan Sosial. Selain itu, lanjut usia yang tinggal merupakan lanjut usia yang terlantar atau mereka yang tidak mempunyai sanak keluarga atau bahkan mereka yang tidak sanggup untuk mengurus dan merawat mereka yang sudah lanjut usia. Oleh sebab itu, lanjut usia yang tinggal mereka mengikuti setiap program kegiatan yang diikuti agar lanjut usia tidak mudah tergantung dengan orang lain dan tidak sakit-sakitan. Untuk membantu lanjut usia agar lebih berguna dan tidak menimbulkan permasalahan sosial maka UPT Pelayanan Sosial Lanjut Usia Banyuwangi mempunyai bentuk pelayanan yang dapat membantu lanjut usia. Bentuk pelayanan yang dimaksud adalah (1) Pemenuhan Kebutuhan Fisik, (2) Pemenuhan Kebutuhan Mental, (3) Pemenuhan Kebutuhan Sosial, dan (4) Keterampilan di waktu senggang. Penelitian ini dilakukan di UPT Pelayanan Sosial Banyuwangi dengan menggunakan 7 informan pokok dan 2 informan tambahan. Para informan adalah lanjut usia yang menerima manfaat adanya program pelayanan sosial lanjut usia dan pegawai panti yang ditetapkan oleh purposive. Sumber data dilapangan diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi yang telah ada. Metode penelitian penulis yang dilakukan adalah kualitatif dan menggunakan metode deskriptif yaitu menggambarkan secara keseluruhan apa yang diperoleh di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi klien terhadap program pelayanan bidang fisik bahwa lanjut usia mengharapkan adanya kegiatan seperti olahraga secara teratur dan pelayanan kesehatan yang baik karena lanjut usia dapat menyesuaikan terhadap penurunan kekuatan fisik dan kesehatan seiring terjadinya penuaan sistem tubuh, perubahan penampilan dan fungsi. Disamping itu, adanya kegiatan keterampilan dapat menambah waktu luang lanjut usia agar tidak selalu berpangku tangan semuanya enak dilayani, melainkan lanjut usia dapat meningkatkan potensi yang sudah ada didalam dirinya. Pada persepsi klien terhadap program pelayanan bidang rohani lanjut usia tentu memerlukan kebeutuhan rohani yang baik. Oleh sebab itu, lanjut usia mengharapkan adanya kegiatan kerohanian agar yang semula baik tetap baik dan tidak menimbulkan masalah bagi lanjut usia itu sendiri. Selain itu persepsi klien terhadap program pelayanan bidang sosial lanjut usia masih cukup sulit untuk menjaga kebersihan badan dan lingkungan sehingga menganggu lanjut usia yang lainnya. Seperti yang diketahui bahwa lanjut usia mereka mudah tersinggung, sulit beradaptasi, tidak termotivasi menjadi lebih baik.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120910301071;
dc.subjectKLIEN TERHADAP PELAYANAN SOSIALen_US
dc.subjectUNIT PELAKSANA TEKNISen_US
dc.subject(UPT) PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA KABUPATEN BANYUWANGIen_US
dc.titlePeresepsi Klien terhadap Pelayanan Sosial di Unit Pelaksanaan Sosial Lanjut Usia Kabupaten Banyuwangien_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record