• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS GAME TAMAN NASIONAL BALURAN ADVENTURE TERHADAP HASIL BELAJAR AFEKTIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF (SISWA SMPN 4 JEMBER PADA POKOK MATERI EKOSISTEM)

    Thumbnail
    View/Open
    Rizka Alif - 130210103060_.pdf (3.823Mb)
    Date
    2017-10-20
    Author
    FITRAHNIA, Rizka Alif
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil pengembangan perangkat pembelajaran dan menganalisis pengaruh perangkat pembelajaran berbasis Game Taman Nasional Baluran Adventure yang sudah dikembangkan terhadap hasil belajar afektif dan kemampuan berpikir kreatif siswa SMPN 4 Jember pada pokok bahasan Ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan pengembangan ASSURE yang dikembangkan oleh Heinich, Molenda dan Russel (1980) yang memiliki 6 tahapan yakni, Analyze learner characteristics, State standards and objectives, Select strategies, technology, media, and materials, Utilize technology, media and materials, Require learner participation dan Evaluate and revise. Selanjutnya produk yang sudah dikembangkan berupa perangkat pembelajaran akan dilakukan validasi dan kemudian disebarkan (diujicobakan). sertaakan dilakukan uji kepraktisan produk penelitian menggunakan pengisian angket respon siswa. Data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu data hasil validasi, hasil uji kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis Game Taman Nasional Baluran Adventure dan hasil belajar serta kemampuan berpikir kreatif siswa sesudah pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan tingkat validitas yang telah dilakukan oleh validator yaitu mencapai 92,1% dengan kategori sangat valid dari segi ahli taman nasional baluran, 89,70% dengan kategori sangat valid dari segi ahli media game, 71,875% dengan kategori valid dari segi ahli perangkat pembelajaran, 77,083% dengan kategori valid dari segi ahli media buku ajar dan 73% dengan kategori valid dari segi ahli materi buku ajar. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis game Taman Nasional Baluran Adventure adalah valid dan siap digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis Game Taman Nasional Baluran Adventure mencapai rata-rata sebesar 81,43% dan masuk dalam kategori praktis dan dapat digunakan. Efektivitas perangkat pembelajaran berbasis Game Taman Nasional Baluran Adventure berpengaruh secara sangat signifikan terhadap hasil belajar afektif siswa dengan rata-rata nilai sebesar 78,75 (kategori baik) pada kelas eksperimen. Sedangkan pada kelas kontrol, rata-rata nilai sebesar 64,46 (kategori sedang). Perangkat pembelajaran berbasis game Taman Nasional Baluran Adventure berpengaruh secara sangat signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dengan rata-rata nilai sebesar 75,24 pada kelas eksperimen yang masuk dalam kategori baik. Sedangkan pada kelas kontrol, rata-rata nilai sebesar 52,91 yang masuk dalam kategori sedang.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82383
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15316]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository