Show simple item record

dc.contributor.advisorWAHYUNI, Dwi
dc.contributor.advisorWAHONO, Beyo
dc.contributor.authorWILUJENG, Nurulita
dc.date.accessioned2017-10-20T02:10:26Z
dc.date.available2017-10-20T02:10:26Z
dc.date.issued2017-10-20
dc.identifier.nimNIM130210103042
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82373
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa kelas X IPA di MAN 1 Jember. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan eksperimen semu pada kelas X IPA 2 (kelas eksperimen) dan X IPA 4 (kelas kontrol) di MAN 1 Jember. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa hasil keterampilan metakognisi dan hasil belajar kognitif siswa, keduanya dianalisis menggunakan uji ANAKOVA. Sedangkan hasil belajar afektif dianalisis menggunakan uji T-Test. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 27 April 2017 sampai 5 Mei 2017 dan diperoleh hasil bahwa model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) berpengaruh signifikan terhadap keterampilan metakognisi siswa dengan selisih rerata post-test dan pre-test keterampilan metakognisi pada kelas eksperimen sebesar 6,25 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,34. Selain itu juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan selisih rerata post-test dan pre-test hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen sebesar 32,6 dan kelas kontrol sebesar 12,4. Dan tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar afektif siswa dengan rerata hasil akhir belajar afektif pada kelas eksperimen sebesar 79,23 dan rerata pada kelas kontrol sebesar 79,88. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) berpengaruh signifikan terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar kognitif siswa, namun tidak berpengaruh terhadap hasil belajar afektif siswa. Sebelum melaksanakan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS), siswa sebaiknya diberi arahan awal mengenai gambaran secara umum. Sehingga pada saat penerapannya dalam pembelajaran siswa tidak mengalami kendala dan pembelajaran dapat berjalan dengan optimal. Penelitian lebih lanjut dibutuhkan mengenai penerapan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) agar dapat berperan efektif pada materi dan mata pelajaran lain serta mengembangkan keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210103042;
dc.subjectPBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION)en_US
dc.subjectKETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGIen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (POKOK BAHASAN EKOLOGI KELAS X TAHUN PELAJARAN 2016/2017 DI MAN 1 JEMBER)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record