• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN SOAL TERBUKA (OPEN-ENDED PROBLEM) PADA PEMBELAJARAN KOLABORATIF UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI PADA SISWA SMP KELAS VIII

    Thumbnail
    View/Open
    Nindi Zakia Jannatasari - 130210101090_.pdf (2.384Mb)
    Date
    2017-10-20
    Author
    JANNATASARI, Nindi Zakia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada penelitian ini dilakukan pengembangan soal-soal terbuka yang bertujuan untuk mengukur kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa pada materi matematika kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang berorientasi pada pengembangan produk berupa paket soal terbuka kemampuan berfikir tingkat tinggi (Kisi-kisi soal, Soal terbuka, Kriteria jawaban, dan Pedoman penilaian). Prosedur penelitian ini terbagi menjadi 4 tahapan, yakni preliminary, self evaluation, prototyping, dan fiel test. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen paket soal terbuka, lembar validasi, dan lembar uji keterbacaan. Metode pengumpulan data yang dilakukan yakni dengan metode tes dan metode uji keterbacaan. Analisis yang dilakukan pada penelitian ini meliputi analisis data validasi, analisis reliabilitas soal, analisis tingkat kesukaran soal, analisis daya pembeda soal, dan analisis hasil uji coba. Proses pengembangan soal terbuka kemampuan berfikir tingkat tinggi melalui 4 tahapan, yakni: (a) tahap preliminary (pendahuluan); (b) tahap self evaluation (analisis dan desain); (c) tahap prototyping (validasi, evaluasi dan revisi); dan (d) tahap field test (uji coba lapangan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan layak digunakan untuk mengukur kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa. Hal tersebut berdasarkan uji validitas dengan nilai Va secara umum mencapai 4,27 dengan interpretasi valid. Uji reliabilitas didapat reliabilitas yang diujikan pada kelas VIII C dan VIII D berturut-turut adalah 0,7999 dan 0,8166 dengan interpretasi tinggi. Berdasarkan uji tingkat kesukaran didapat tingkat kesukaran soal terbuka yang diujicobakan pada kelas VIII C dan VIII D memenuhi kriteria tingkat kesukaran yang baik. Berdasarkan uji daya pembeda didapat butir soal nomor 1 yang gugur atau dibuang karena tingkat kesukarannya 0,0900 dengan interpretasi sangat buruk. Selain itu berdasarkan hasil uji coba juga diketahui bahwa secara keseluruhan siswa yang memiliki tingkat kemampuan berfikir tingkat tinggi dengan kategori baik berjumlah 22 siswa (61,11 %) dari 36 siswa pada kelas VIII C dan 18 siswa (51,43 %) dari 35 siswa pada kelas VIII D.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82362
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository