PERANAN DAN AKTIVITAS PRAMUSAJI DI PAVILION RESTORAN JW MARRIOTT HOTEL SURABAYA
Abstract
Hotel merupakan sarana tempat tinggal umum untuk wisatawan dengan syarat pembayaran serta memberikan pelayanan dan akomodasi. Produk hotel terdiri dari dua komponen utama yaitu barang dan jasa (good and service). Barang (good) adalah segala sesuatu yang berwujud, dapat diukur, disentuh dan dilihat serta dikonsumsi atau dimiliki oleh tamu sesaat setelah terjadi transaksi pembayaran seperti makanan, minuman dan sebagainya. Sedangkan yang dimaksud dengan jasa (service) adalah suatu produk yang tidak nyata (intangible) dari hasil kegiatan timbal balik antara pemberi jasa dan penerima jasa melalui suatu atau beberapa aktivitas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
Pelayanan merupakan suatu aktivitas yang memberikan manfaat dan ditawarkan oleh suatu pihak lain dalam bentuk tidak nyata (intangible) dan tidak menimbulkan pemindahan kepemilikan contohnya yaitu: kenyamanan, kemudahan, keramah-tamahan, ketenangan dan keamanan. Orang yang bertugas memberikan pelayanan kepada tamu disebut pramusaji. Pramusaji ialah karyawan restoran hotel yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melayani kebutuhan makanan dan minuman bagi para pelanggan hotel secara professional. Seorang pramusaji harus mempunyai tanggung jawab dan harus mempunyai sikap yang baik terhadap tamu. Tidak hanya itu, pramusaji harus bekerja sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditetapkan oleh hotel ataupun restoran.
Pada kesimpulannya, peranan dan aktivitas pramusaji di pavilion restoran JW Marriott Hotel Surabaya sangat berperan penting terhadap kelancaran restoran. Selain peranan dan aktivitasnya, pramusaji juga harus mempunyai sikap dan tanggung jawab dengan profesional kepada tamu yang datang di restoran.
Collections
- DP-Travel Agent [250]