Pelaksanaan Kearsipan Bidang Business, Government, and Enterprise Service Di PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Wilayah Jember
Abstract
Salah satu tujuan perusahaan adalah mendapatkan keuntungan yang
semaksimal mungkin. Agar dapat mencapai tujuan tersebut diperlukan adanya
perencanaan dan pelaksanaan kesekretariatan yang baik dalam usaha untuk
membantu kelancaran aktivitas-aktivitas perusahaan. Organisasi dan
kesekretariatan sebagai sarana untuk mencapai tujuan tersebut akan semakin
berperan optimal dengan mengefektifkan sumber daya yang ada. Untuk mencapai
tujuan tersebut maka tidak lepas dari kegiatan surat menyurat. Walaupun kegiatan
surat menyurat merupakan bagian kecil dalam mencapai tujuan, akan tetapi
apabila pengelolaannya tidak sungguh-sungguh maka seluruh tujuan perusahaan
akan mengalami hambatan hambatan. Untuk itu surat menyurat harus
dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.
Surat menyurat tidak hanya merupakan alat komunikasi yang penting,
tetapi sangat penting dalam kegiatan manajerial yaitu pekerjaan melaksanakan
fungsi-fungsi manajemen, seperti fungsi perencanaan, pengorganisasian,
penggerakkan dan pengawasan. Surat menyurat memberikan informasi yang
penting dalam pelaksanaan fungsi-fungsi manajerial tersebut.
Surat merupakan salah satu bentuk komunikasi yang berfungsi sebagai
alat pengingat (warkat) dan arsip serta sebagai alat bukti. Tidak semua surat
disebut warkat, arsip, dokumen. Surat dapat disebut sebagai warkat apabila surat
tersebut berfungs sebagai alat pengingat.