PENGEMBANGAN INDIKATOR 4C’s YANG SELARAS DENGAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMA/MA KELAS XI SEMESTER I
Abstract
Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi masa depan bangsa.
Pemerintah Indonesia terus berupaya untuk terus memperbaiki mutu pendidikan agar
negara Indonesia dapat berkembang dan maju. Pada tahun 2015, studi internasional
TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study) menunjukkan
bahwa siswa matematika Indonesia berada pada peringkat ke-45 dari 50 negara yang
berpartisipasi. Hasil studi internasional lainnya yaitu PISA (Programme for
International Student Assesment), siswa Indonesia berada pada peringkat ke-63 dari
70 negara yang berpartisipasi. Hasil tersebut tentunya menjadi acuan bagi pemerintah
Indonesia untuk terus memperbaiki sistem pembelajaran agar peringkat siswa pada
kedua studi internasional tersebut dapat meningkat.
Indikator merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran karena
indikator merupakan acuan dalam mengukur kemampuan siswa. Partnership for 21th
Century Learning (P21) memiliki inovasi dalam pembelajaran matematika yaitu
critical thinking, communication, collaboration, dan creative atau disebut 4C’s.
Indonesia perlu untuk mengembangkan indikator 4C’s agar dapat meningkatkan
prestasi siswa karena negara – negara maju telah mengembangkan indikator 4C’s
dalam pembelajarannya dan berhasil meningkatkan prestasi siswa. Namun, untuk
mengembangkan indikator 4C’s harus diselaraskan dengan kurikulum yang dipakai
saat ini, yaitu kurikulum 2013.