PROSEDUR PELAYANAN PENJUALAN TIKET PESAWAT DI PT. NUANSA WISATA PRIMA NUSANTARA JEMBER
Abstract
Sektor pariwisata saat ini telah menjadi industri yang sangat diandalkan oleh Negara Indonesia.
Perjalanan yang dilakukan oleh wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara meningkat setiap
tahunnya. Transportasi udara menjadi salah satu pilihan yang banyak digunakan oleh calon penumpang
dengan berbagai macam penerbangan yang ada di Indonesia. Hal ini menunjukkan peran Biro Perjalanan
Wisata (BPW) sebagai salah satu agen dari maskapai penerbangan tersebut semakin besar untuk
memberikan pelayanan terbaik nya bagi para calon konsumen yang akan melakukan perjalanan.
PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Jember merupakan sebuah perusahan jasa khususnya dibidang Tour
Operator atau Tour Organizer yang selalu berusaha memberikan pelayanan yang baik. Perusahaan ini
memiliki beberapa program layanan diantaranya produk tour dan travel, penjualan tiket pesawat,
pemesanan hotel, pengurusan dokumen perjalanan paspor dan visa, umroh, produk mice, training dan
outbound. Tujuan pelaksanaan Praktik Kerja Nyata di PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Jember yang
dilakukan pada tanggal 9 Januari 2017 sampai 9 Mei 2017 adalah untuk mengetahui dan menjelaskan
prosedur pelayanan penjualan tiket pesawat pada PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Jember.
Prosedur Pelayanan penjualan tiket pesawat dibagi beberapa tahap yaitu calon penumpang datang
langsung kemudian memberi informasi mengenai jadwal dan rute penerbangan yang akan dituju kemudian
staf tikeing melakukan reservasi, issued ticket, invoice sebagai tanda bukti, pembayaran oleh calon
penumpang lalu mencetak tiket dan yang terakhir adalah pembukuan. Prosedur pembatalan tahapanya
calon penunpang datang langsung atau bisa melalui telepon untuk memberikan informasi mengenai
pembatalan tiket kemudian staf tiketing melakukan pembatalan melalui situs online keagenan setelah
proses pembatalan
berhasil lalu tahap terakhir yaitu memberi keterangan pembatalan dipembukuan, kemudian prosedur
pengembalian uang tahapannya adalah calon penumpang datang langsung untuk memberi informasi
mengenai pembatalan dan permintaan pengembalian uang lalu staf tiketing melakukan pembatalan dan
proses pengembalian uang melalui online system keagenan ,setelah berhasil staf tiketing
memberikankuitansi sebagai bukti pengembalian uang dan selanjutnya mencatat di pembukuan. Prosedur
penjadwalan ulang langkah-langkahnya yaitu calon penumpang datang memberikan informasi mengenai
pengubahan jadwal penerbangan kemudain staf tiketing mengubah jadwal sesuai keputusan calon
penumpang lalu issued ticket, invoice, pembayaran, cetak tiket dan terakhir pembukuan.
Cara PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara mengatasi masalah yang sering ditimbulkan adalah dengan
mencari inti permasalahan dan mencari solusi yang tepat dalam penyelesaiannya. Prosedur pelayanan
penjualan tiket pesawat di PT. Nuansa Wisata Prima Nusantar secara online system digunakan untuk
meningkatkan kualitas pelayanan dalam melayani calon penumpang yang akan berdampak pada kepuasan
konsumen dan citra perusahaan.