• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DISERTAI DRILLS PADA POKOK BAHASAN TEKANAN DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Hikma Yanti - 130210102067_.pdf (3.790Mb)
    Date
    2017-10-19
    Author
    YANTI, Hikma
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Multimedia interaktif disertai drills dapat dikatakan sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi karena nilai validasinya terdapat pada rentang 85,01% - 100,00%. Berdasarkan hasil dari validasi ahli dan pengguna diperoleh persentase sebesar 88,65 % dengan kategori sangat valid. Selain itu, berdasarkan hasil uji coba lapangan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari hasil analisis dengan uji N-gain diperoleh nilai sebesar 0,715 termasuk dalam kriteria tinggi. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum menggunakan multimedia interaktif (pre-test) dan setelah menggunakan multimedia interaktif (post-test). Pencapaian hasil nilai pre-test siswa kelas VIII C sebesar 33,51 % sedangkan perolehan nilai post-test siswa sebesar 81,08 %. Nilai tersebut dapat diartikan bahwa multimedia interaktif disertai drills termasuk dalam kategori efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Respon siswa terhadap multimedia interaktif disertai drills pada pokok bahasan tekanan di SMP secara umum mendapatkan respon positif. Berdasarkan perolehan persentase hasil analisis nilai rata-rata aspek respon siswa sebesar 87,95%. Nilai tersebut dapat diartikan bahwa lebih dari 50% siswa memberikan respon positif terhadap media yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa 1) multimedia interaktif disertai drills pada pokok bahasan tekanan di SMP termasuk dalam kategori sangat valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran; 2) Efektifitas multimedia interaktif disertai drills pada pokok bahasan tekanan di SMP termasuk dalam kategori sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan perolehan nilai uji N-gain tinggi; 3) Respon siswa terhadap multimedia interaktif disertai drills pada pokok bahasan tekanan di SMP yang dikembangkan termasuk dalam kategori baik, dikarenakan lebih dari 50% siswa memberikan respon positif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82275
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository