PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DISERTAI DRILLS PADA POKOK BAHASAN TEKANAN DI SMP
Abstract
Multimedia interaktif disertai drills dapat dikatakan sangat valid atau dapat
digunakan tanpa revisi karena nilai validasinya terdapat pada rentang 85,01% -
100,00%. Berdasarkan hasil dari validasi ahli dan pengguna diperoleh persentase
sebesar 88,65 % dengan kategori sangat valid. Selain itu, berdasarkan hasil uji
coba lapangan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari hasil
analisis dengan uji N-gain diperoleh nilai sebesar 0,715 termasuk dalam kriteria
tinggi. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum
menggunakan multimedia interaktif (pre-test) dan setelah menggunakan
multimedia interaktif (post-test). Pencapaian hasil nilai pre-test siswa kelas VIII C
sebesar 33,51 % sedangkan perolehan nilai post-test siswa sebesar 81,08 %. Nilai
tersebut dapat diartikan bahwa multimedia interaktif disertai drills termasuk
dalam kategori efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Respon siswa
terhadap multimedia interaktif disertai drills pada pokok bahasan tekanan di SMP
secara umum mendapatkan respon positif. Berdasarkan perolehan persentase hasil
analisis nilai rata-rata aspek respon siswa sebesar 87,95%. Nilai tersebut dapat
diartikan bahwa lebih dari 50% siswa memberikan respon positif terhadap media
yang dikembangkan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa
1) multimedia interaktif disertai drills pada pokok bahasan tekanan di SMP
termasuk dalam kategori sangat valid dan layak digunakan dalam kegiatan
pembelajaran; 2) Efektifitas multimedia interaktif disertai drills pada pokok
bahasan tekanan di SMP termasuk dalam kategori sangat efektif untuk
meningkatkan hasil belajar siswa dengan perolehan nilai uji N-gain tinggi; 3)
Respon siswa terhadap multimedia interaktif disertai drills pada pokok bahasan
tekanan di SMP yang dikembangkan termasuk dalam kategori baik, dikarenakan
lebih dari 50% siswa memberikan respon positif.