dc.description.abstract | Dari pelaksanaan Praktek Kerja Nyata Pengelolaan Arsip Dinamis Sub
Bagian Tata Usaha di Sekretariat Daerah Banyuwangi dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Arsip adalah catatan atau rekaman kegiatan dalam berbagai bentuk dan media yang terjadi dalam
suatu kantor yang berisi informasi penting. Arsip sebagai salah satu sumber informasi memiliki
fungsi yang sangat penting untuk menunjang proses kegiatan administrasi. Arsip dapat berperan
sebagaimana fungsinya jika dikelola dengan baik dan benar, artinya ditata secara sistematis
sehingga jika sewaktu-waktu diperlukan dapat dengan cepat, tepat dan lengkap. Prosedur pengelolaan
arsip pada Sub Bagian Tata Usaha Sekretariat Daerah Banyuwangi sudah dikelola dengan sangat baik,
dengan menggunakan alur penerimaan surat masuk, pengelolaan arsip, dan penyimpanan arsip.
2. Pelaksanaan pengelolaan arsip pada Sub Bagian Tata Usaha Sekretariat Daerah Banyuwangi
menggunakan Sistem penyimpanan dengan Sistem Aplikasi Persuratan Berbasis Web
saba.banyuwangikab.go.id yang bersifat online.
3. Pelaksanaan pengelolaan arsip di Sub Bagian Tata Usaha yaitu, Surat Masuk di Administrasi TU,
Sistem Persuratan Berbasis web, Entri Data ke dalam Database Server, Pemberian Lembar disposisi,
Pemindaian atau Scan Data ke dalam Database, Pencatatan Nomor Agenda ke Buku Ekspedisi Pengiriman,
Penyimpanan arsip berbasis web database server saba.banyuwangikab.go.id. Sistem ini mempermudah Sub
Bagian Tata Usaha dalam menangani surat yang banyak masuk. Sistem ini menjamin ketersediaan arsip
yang autentik dan terpercaya sebagai alat bukti yang sah, juga menjamin pencarian arsip secara
cepat dan efisien. | en_US |