Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Menggunakan Model Picture and Picture Pokok Bahasan Perubahan Lingkungan Fisik dan Prosesnya Pada Siswa Kelas IV SDN 03 Gambiran Tahun Pelajaran 2016/2017
Abstract
Ilmu pengetahuan alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran pokok
yang sangat penting di sekolah dasar. Pada saat proses pembelajaran siswa dituntut
untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Sesuai dengan hakikat
pembelajaran IPA sebagai proses, siswa diharapkan memperoleh pengalaman
langsung untuk mengembangkan kemampuan kompetensi siswa. Sesuai dengan
hakikat pembelajaran IPA sebagai proses, maka pembelajaran IPA harus berpusat
pada siswa (student centered) supaya proses belajar mengajar menjadi lebih efektif.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan pada guru kelas IV
SDN 03 Gambiran pada saat pembelajaran IPA masih menggunakan metode
konvensional yaitu ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Siswa cenderung kurang
aktif dan pembelajaran menjadi kurang efektif. Hal tersebut menyebabkan aktivitas
dan hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Hal ini didasarkan pada data
dokumen nilai ulang harian siswa pada mata pelajaran IPA terdapat 14 siswa atau
77,78% yang belum mencapai KKM (≥70).
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan
aktivitas dan hasil belajar pokok bahasan perubahan lingkungan fisik dan prosesnya
menggunakan model Picture and Picture pada siswa kelas IV SDN 03 Gambiran
tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pokok bahasan perubahan
lingkungan fisik dan prosesnya menggunakan model Picture and Picture.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 03 Gambiran pada semester genap
tahun pelajaran 2016/2017 dengan julah siswa 18 yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan 2 siklus yaitu siklus I dan
siklus II. Siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan.
Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan
refleksi. Metode pengumpulan data pada penelitian adalah wawancara, observasi,
dokumentasi, dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas
IV SDN 03 Gambiran tahun pelajaran 2016/2017 meningkat selama proses
pembelajaran menggunakan model Picture and Picture. Rata-rata aktivitas belajar
siswa mengalami peningkatan sebesar 10,44% pada siklus I sebesar 71,16%
(kriteria aktif) pada siklus II meningkat menjadi 81,6% (kriteria sangat aktif) pada
siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.
Skor rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 14,22 pada siklus
I sebesar 66,38 meningkat menjadi 80,6 pada siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model
Picture and Picture dapat membuat pembelajaran menjadi lebih efektif dan siswa
menjadi aktif bertanya maupun menjawab pertanyaan dari guru. Saran yang
diberikan pada pihak sekolah dan berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat
menerapkan model Picture and Picture untuk meningkatkan kualitas pembelajaran,
dan bagi peneliti lain dapat dijadikan acuan untuk penelitian lebih lanjut.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Picture and Picture dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 03 Gambiran pokok
bahasan perubahan lingkungan fisik dan prosesnya.