Show simple item record

dc.contributor.advisorHobri
dc.contributor.advisorSetiawan, Toto’ Bara
dc.contributor.authorRofiq, Anita Nur
dc.date.accessioned2017-10-19T02:12:15Z
dc.date.available2017-10-19T02:12:15Z
dc.date.issued2017-10-19
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82249
dc.description.abstractPada era modern ini, pembelajaran matematika diterima sebagai suatu aktivitas sosial. Siswa yang selama ini dianggap sebagai subyek pengetahuan secara otomatis akan diakui sebagai subyek sosial berdasarkan sejarah dan kebudayaan mereka. Namun pada kenyataannya masih terdapat beberapa orang yang meyakini bahwa pembelajaran matematika hanya selama pembelajaran matematika hanyalah sebuah proses individu dan interaksi sosial tidak berperan penting. Di dalam suatu interaksi sosial, sikap dan perilaku merupakan unsur-unsur penting untuk menciptakan suatu relasi yang baik. Aturan tentang bagaimana orang bersikap atau berperilaku sering disebut sebagai norma. Secara umum, norma yang digunakan dalam interaksi sosial di kehidupan sehari-hari adalah norma sosial. Pada konteks pembelajaran matematika, norma yang mengatur dikenal sebagai norma sosiomatematik. Norma sosiomatematik berkembang dalam proses interaksi selama pembelajaran matematika. Proses interaksi tersebut memiliki dua indikator penting, yakni kemampuan komunikasi matematik dan keterampilan sosial yang digunakan siswa untuk mencapai pemahaman dan kesepakatan serta norma sosiomatematik berkaitan dengan keyakinan siswa terhadap aktivitas kolaborasi ketika bekerja sama untuk memecahkan suatu masalah matematika. Oleh karena itu, dalam pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas guru perlu mengimplementasikan suatu model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkolaborasi sehingga tercipta suasana pembelajaran yang interaktif. Di sisi lain ada norma sosio nonmatematik maksudnya suatu peraturan yang diterapkan ketika proses interaksi selama pembelajaran non matematika berlangsung, keduanya memiliki perbedaan pada sifatnya. ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran matematika yang implementasinya menggunakan model pembelajaran kolaboratif dan bagaimana norma sosiomatematik dalam aktivitas kolaborasi siswa selama pembelajaran kolaboratif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII-B SMP Negeri 4 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan metode observasi. Data yang dianalisis adalah data hasil validasi perangkat pembelajaran yang meliputi RPP, LKS, pedoman wawancara, lembar observasi, hasil pengamatan norma sosiomatematik dalam aktivitas kolaborasi siswa, dan hasil wawancara siswa setelah pembelajaran kolaboratif. Penelitian dilakukan pada tanggal 25 dan 28 April 2017 dengan bantuan 6 orang observer yang masing-masing mengamati 1 kelompok belajar. Berdasarkan hasil analisis perangkat pembelajaran menunjukkan sebesar 4,73 untuk RPP, sebesar 4,77 untuk LKS, sebesar 4,8 untuk pedoman wawancara, dan sebesar 4,86 untuk lembar observasi yang masing-masing memiliki tingkat kevalidan pada kategori valid. Hasil analisis pelaksanaan pembelajaran kolaboratif pokok bahasan persamaan linier satu variabel di kelas VII-B SMP Negeri 4 Jember menunjukkan bahwa rata-rata persentase pelaksanaan pembelajaran kolaboratif yang diobervasi oleh 6 orang adalah 85,96 % maka dapat dikatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran kolaboratif berjalan sangat baik. Selanjutnya hasil analisis norma sosiomatematik menunjukkan bahwa 22 siswa memiliki rata-rata persentase norma sosiomatematik sangat baik, 12 siswa memiliki rata-rata persentase norma sosiomatematik baik dan 1 siswa memiliki rata-rata persentase norma sosiomatematik cukup baik, dengan kata lain hampir siswa satu kelas memiliki kemampuan komunikasi matematik dan keterampilan sosial yang baik bahkan sangat baik saat pembelajaran kolaboratif berlangsung .en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectAnalisis Norma Sosiomatematiken_US
dc.subjectKolaboratifen_US
dc.subjectLinier Satu Variabelen_US
dc.titleANALISIS NORMA SOSIOMATEMATIK DALAM PEMBELAJARAN KOLABORATIF POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL KELAS VII-B SMP NEGERI 4 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record