Show simple item record

dc.contributor.advisorDjaja, Sutrisno
dc.contributor.advisorAni, Hety Mustika
dc.contributor.authorSaifudin
dc.date.accessioned2017-10-19T01:29:18Z
dc.date.available2017-10-19T01:29:18Z
dc.date.issued2017-10-19
dc.identifier.nimNIM120210301022
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82232
dc.description.abstractPerkembangan industri batik di Indonesia belakangan ini semakin meningkat. Hal ini tercermin semakin meningkatnya perkembangan perusahaan batik yang semakin banyak sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi setiap perusahaan batik. Strategi pemasaran yang tepat sangat penting untuk diperhatikan oleh perusahaan termasuk pada produksi batik UD. Tropical Batik. Penerapan strategi pemasaran yang tepat diharapkan UD. Tropical Batik untuk dapat meningkatkan volume penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu strategi pemasaran yang digunakan oleh UD. Tropical Batik dalam menjalakan aktifitas pemasaran produknya. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang berjenis penelitian deskriptif untuk membahas lebih dalam tentang strategi bauran pemasaran yang digunakan oleh UD. Tropical Batik. Penentuan lokasi penelitian dengan menggunakan metode Purposive Area. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan oleh peneliti meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang terkumpul selanjutnya dilakukan pemeriksaan keabsaan data dengan menggunakan teknik Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh UD. Tropical Batik adalah menggunakan strategi bauran pemasaran atau lebih dikenal dengan istilah marketing mix. UD. Tropical Batik dalam penerapan strategi pemasarannya melibatkan unsur produk, harga, promosi, dan distribusi. Keempat unsur tersebut merupakan bagian dari strategi bauran pemasaran. Strategi perusahaan dalam segi produk dengan mengutamakan kualitas produk dalam segi bahan yang digunakan dan proses produksinya. Strategi harga yang diterapkan oleh perusahaan dengan penentuan harga yang tepat dengan mempertimbangkan bahan yang digunakan dan proses produksinya. Strategi promosi yang terapkan perusahaan yaitu dengan dengan mengikuti pameran, menjalin kerjasama dengan koperasi dan sekolah sekitar, dan promosi dari mulut ke mulut. Perusahaan juga menerapkan strategi harga dengan memberi potongan harga kepada konsumen yang memenuhi syarat yang sudah ditentukan. Strategi distribusi yang dilakukan oleh UD. Tropical Batik ada distribusi langsung antara lain dengan melakukan komunikasi pesanan secara langsung kepada konsumen dan melayani penjualan langsung produk yang ada di galeri batik perusahaan. Perusahaan juga melakukan distribusi tidak langsung dengan menjalin kerja sama dengan koperasi dan agen yang memasarkan produk keluar negeri dalam memasarkan produk kepada konsumen. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini kepada UD. Tropical Batik Dusun Klontang Desa Gendoh Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi adalah selalu meningkatkan produk yang dihasilkan dan menjaga kelestarian budaya Indonesia.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210301022;
dc.subjectBauran Pemasaranen_US
dc.subjectBatiken_US
dc.titleStrategi Bauran Pemasaran Ud. Tropical Batik Dusun Klontang Desa Gendoh Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangien_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record