• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KEARIFAN LOKAL KUNINGAN PADA POKOK BAHASAN KALOR DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Erica Febriyanti - 130210102081_.pdf (10.35Mb)
    Date
    2017-10-19
    Author
    FEBRIYANTI, Erica
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian pengembangan ini dirancang untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal kuningan pada pokok bahasan kalor di SMP dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu : 1) Analyze, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Instrumen perolehan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar soal pre test dan post test, dan lembar angket respon siswa, sedangkan teknik perolehan data yang digunakan adalah validasi, tes, angket dan dokumentasi. Data yang didapatkan adalah validasi ahli, validasi pengguna, hasil belajar ranah kognitif, dan angket respon siswa. Hasil validasi ahli pada modul pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal kuningan di SMP adalah sebesar 4,28 sedangkan validasi pengguna sebesar 4,54 dan berada pada kategori valid dan berkriteria baik, sehingga dapat digunakan dengan revisi. Pada penelitian ini uji pengembangan dilaksanakan di kelas VII A SMP Negeri 2 Tapen dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa dalam 6 kali pertemuan. Dari penelitian ini skor rata-rata pada kegiatan pre test sebesar 30,8 dan skor rata-rata post tes sebesar 65,8 dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,5256 nilai tersebut menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah belajar menggunakan modul IPA berbasis kearifan lokal berada pada kriteria sedang sehingga dikatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif. Respon siswa diperoleh rata-rata percentage of agreement sebesar 96,05 % berada pada kategori sangat praktis. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa 1) modul pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal kuningan pada pokok bahasan kalor di SMP mendapatkan hasil uji validasi ahli sebesar 4,28 dan hasil uji validasi pengguna sebesar 4,54. Dengan kriteria valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar pada materi kalor 2) modul pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal kuningan pada pokok bahasan kalor di SMP memiliki N-gain sebesar 0,5256. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal pada pokok bahsan kalor di SMP dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan efektif serta layak untuk digunakan sebagai bahan ajar pada materi kalor di SMP 3) siswa merespon positif terhadap modul pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal pada pokok bahasan kalor di SMP hal itu terlihat dari perolehan percentage of agreement yakni sebesar 96,05%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan memiliki kriteria sangat praktis dan layak digunakan sebagai bahan ajar pada materi kalor di SMP.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82228
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository