Show simple item record

dc.contributor.advisorHENDRAWIJAYA, H. A. T.
dc.contributor.advisorIMSIYAH, Niswatul
dc.contributor.authorMAULIDA, Dinda Agustin
dc.date.accessioned2017-10-19T00:47:29Z
dc.date.available2017-10-19T00:47:29Z
dc.date.issued2017-10-19
dc.identifier.nimNIM130210201009
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82226
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Tempat yang dijadikan sebagai penelitian adalah Play Group Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember dengan berdasarkan teknik purposive area. Teknik penentuan subjek penelitian menggunakan teknik populasi, sehingga subjek penelitiannya adalah seluruh anak usia 3-4 tahun di Play Group Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember yang berjumlah 20 orang. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil pengamatan tersebut, dibuktikan melalui pengisian lembar observasi kepada 20 peserta didik, setiap lembar observasi terdiri dari 20 item pernyataan. Selanjutnya dilakukan analisis data lebih lanjut dengan menggunakan rumus korelasi tata jenjang yang diolah dengan SPSS (Statistical Package for the Social Science) 24. Adapun hasil perhitungan menunjukkan bahwa rhitung sebesar 0,932. Jika dikonsultasikan dengan harga rtabel sebesar 0,450 pada taraf kepercayaan 95% menunjukkan bahwa rhitung > rtabel = 0,932 > 0,450. Jika hasil perhitungan hubungan antara keduanya dipresentasekan, menunjukkan bahwa permainan lego telah memberikan konstribusi terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di Play Group Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember sebesar 86,86%. Sedangkan sisanya adalah 13,14% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Berdasarkan indikator yang dijadikan pengukuran diketahui bahwa indikator kreativitas memberikan sumbangsih sebesar 56,40% terhadap mengenal warna, 30,91% terhadap memahami konsep besar/kecil, dan 49,70% terhadap mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk, sedangkan mengembangkan imajinasi memberikan sumbangsih 79,92% terhadap mengenal warna, 36,96% terhadap memahami konsep besar/kecil, dan 34,69% terhadap mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk. Berdasarkan hasil analisis di atas maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara permainan lego dengan perkembangan kognitif anak usia dini di Play Group Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember, dengan memiliki hubungan tingkat yang tinggi. Saran yang diberikan oleh peneliti kepada pengelola lembaga dan pendidik diharapkan agar lebih mengembangkan media pembelajaran dan lebih inovatif dalam memilih alat permainan yang menyenangkan bagi anak. Bagi peneliti selanjutnya yaitu disarankan agar dapat meneliti lebih lanjut yang sehubungan dengan permainan lego dan perkembangan anak usia dini yaitu seperti dapat melipat kertas, menggambar benda yang dikenal, membuat garis mendatar, lurus serta lingkaran, dapat menggunting kertas dan dapat membangun menara dari balok. Sebab permainan lego juga akan mempengaruhi tumbuh kembang anak pada perkembangan lainnyaen_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210201009;
dc.subjectPERMAINAN LEGOen_US
dc.subjectANAK USIA DINIen_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA PERMAINAN LEGO DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI PLAY GROUP AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record