dc.description.abstract | Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah hasil pegembangan produk,
data hasil validasi Komik Digital dan hasil uji kelompok kecil (Small Group Test)
serta tanggapan responden (siswa). Hasil pengembangan produk komik digital ini
berupa gambar cartoon yang tersusun berurutan dan bermakna disertai teks melalui
aplikasi komputer (scanner, aplikasi paint tool sai dan photoshop) dalam bentuk ecomic
atau elekronik komik. Adapun analisis data yang digunakan adalah teknik
analisa data persentase yang kemudian diubah menjadi data kualitatif deskriptif. Hasil
analisis tingkat validitas Komik Digital yang telah divalidasi oleh validator
menunjukkan bahwa validasi materi yang didalamnya mencakup komponen
kesesuaian materi, keakuratan materi, kemutakhiran dan mendorong keingintahuan
didapatkan rata-rata hasil validasi adalah 78,12% dengan kategori cukup baik.
Validasi media yang didalamnya mencakup komponen rekayasa perangkat lunak,
komunikasi visual, dan fungsi keseluruhan media pembelajaran didapatkan rata-rata
hasil validasi adalah 90,0% dengan kategori sangat baik. Validasi pengguna (guru)
yang didalamnya mencakup komponen isi materi, penyajian, dan fungsi keseluruhan
media pembelajaran dalam pembelajaran didapatkan rata-rata hasil validasi adalah
86,66% dengan kategori baik. Dari hasil validasi dapat dilihat bahwa dari validator
ahli materi, ahli media, dan pengguna mendapatkan hasil bahwa Media Pemelajaran
Komik Digital siap dimanfaatkan di lapangan untuk kegiatan pembelajaran.
Hasil uji kelompok kecil (Small Group Test) menunjukkan bahwa pada aspek
keterbacaan media pembelajaran komik digital diperoleh rata-rata nilai 77,32%
dengan kategori baik, aspek keterbacaan kegiatan siswa diperoleh rata-rata nilai
75,55% dengan kategori baik, dan aspek komponen evaluasi akhir materi diperoleh
rata-rata nilai 75,55% dengan kategori baik. Sedangkan hasil tanggapan responden
(siswa) menunjukkan bahwa aspek pendapat siswa terhadap materi pembelajaran,
media pembelajaran komik digital diperoleh rata-rata nilai 75,55% dengan kategori
baik, aspek media pembelajaran komik digital yang meliputi bahasa yang digunakan
serta materi yang disajikan diperoleh rata-rata nilai 84,44% dengan kategori baik,
aspek media pembelajaran yang meliputi penulisan, gambar, dan letak gambar
diperoleh rata-rata nilai 81,47% dengan kategori baik, aspek manfaat Komik Digital
dalam menarik motivasi belajar siswa diperoleh rata-rata nilai 71,11% dengan
kategori cukup baik, dan aspek keberlanjutan kegiatan pembelajaran menggunakan
Komik Digital diperoleh rata-rata nilai 100% dengan kategori sangat baik. | en_US |