Show simple item record

dc.contributor.advisorDAFIK
dc.contributor.advisorKUSNO
dc.contributor.authorFILAH, Alfia Nur
dc.date.accessioned2017-10-18T06:15:33Z
dc.date.available2017-10-18T06:15:33Z
dc.date.issued2017-10-18
dc.identifier.nimNIM150220101009
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82191
dc.description.abstractKemampuan berfikir kritis merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh setiap orang yang menuntut untuk selalu berusaha keras dalam mengetahui apa yang belum diketahui dan selalu berusaha mencari suatu pemecahan masalah yang tepat. Pembelajaran matematika khususnya dalam menyelesaikan soal generalisasi deret, siswa dituntut untuk menggali dan menunjukkan kemampuan berpikir kritisnya mulai dari memahami masalah, merencanakan pemenyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali pemecahan masalah yang telah dilaksanakan. Namun, pada saat ini masih banyak siswa yang belum mengembangkan berpikir kritisnya dalam menyelesaikan soal. Dalam penelitian ini dibagi menjadi 3 level pada proses solusi yaitu (P1) level satu, siswa mencari rumus Sn; (P2) level dua, membuktikan rumus Sn dengan induksi matematika; (P3) level tiga, siswa menemukan suatu generalisasi deret. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui proses berfikir kritis dalam menyelesaikan soal generalisasi deret; 2) untuk mengetahui Tingkat Kemampuan Berfikir Kritis (TKBK) siswa dalam menyelesaikan soal generalisasi deret; 3) untuk mengetahui pengembangan monograf dari hasil berfikir kritis siswa tentang generalisasi deret. Pendekatan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan tes tertulis, pada bagian observasi dilakukan dua kali yaitu pertama, pada saat sebelum siswa diwawancarai dan mengerjakan soal tes, kedua saat wawancara dan tes berlangsung; pada bagian wawancara juga dilakukan dua kali yaitu melakukan wawancara sebelum siswa mengerjakan soal dan setelah mengerjakan soal yang diberikan oleh guru; pada bagian tes tertulis digunakan untuk menggali kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan 3 level proses solusi soal. Wawancara ini digunakan untuk menggali data dari objek penelitian secara langsung. Sedangkan Observasi digunakan untuk mengamati objek secara langsung. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 3 subjek yang memiliki tingkat kemampuan akademik berbeda satu sama lain khususnya pada mata pelajaran matematika yaitu, siswa dengan kemampuan akademik tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal generalisasi deret dilihat dari proses berfikirnya tergolong bagian konseptual, dilihat dari Tingkat Kemampuan Berfikir Kritis (TKBK) berada pada TKBK 3 (kritis). Siswa dengan kemampuan sedang dalam menyelesaikan soal generalisasi deret dilihat dari proses berfikirnya tergolong bagian semi konseptual, dilihat dari Tingkat Kemampuan Berfikir Kritis (TKBK) berada pada TKBK 1 (kurang kritis). Hal ini terjadi karena siswa tidak mampu mengungkap indikator berfikir kritis bagian 5, 6 dan 7. Sedangkan siswa dengan kemampuan rendah dalam menyelesaikan soal generalisasi deret dilihat dari proses berfikir tergolong bagian komputasional, dilihat dari Tingkat Kemampuan Berfikir Kritis (TKBK) berada pada TKBK 0 (Tidak Kritis). Hal ini terjadi karena siswa tersebut hanya bisa mengunggkap data pada tahap memilah apa yang diketahui dan yang ditanya, selain itu seperti melaksanakan rencana, memeriksa kembali siswa tidak bisa menyelesaikan dengan benar. Berdasarkan hasil analisis kemampuan berfikir kritis, hanya satu siswa yang mampu menggeneralisasi deret yaitu siswa berkemampuan tinggi. Siswa yang berkemampuan sedang hanya sampai pada pembuktian rumus Sn tetapi masih ada yang tidak bisa membuktikan rumus tersebut pada poin b dan c. Sedangkan siswa yang berkemampuan rendah hanya mampu mengidentifikasi soal, tidak mampu menerapkan rumus Sn, tidak mampu membuktikan rumus Sn adalah benar dan tidak mampu menggenaralisasi deret.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries150220101009;
dc.subjectBERFIKIR KRITIS SISWAen_US
dc.subjectGENERALISASI DERETen_US
dc.titleANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GENERALISASI DERETen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record