Show simple item record

dc.contributor.authorIKA DAMAYANTI
dc.date.accessioned2013-12-11T09:32:41Z
dc.date.available2013-12-11T09:32:41Z
dc.date.issued2013-12-11
dc.identifier.nimNIM090210204197
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8217
dc.description.abstractBanyak peserta didik merasa kesulitan mencerna materi yang disampaikan oleh pendidik. Hal ini akan berdampak pada menurunnya minat mereka untuk mempelajari matematika dan berakibat pada menurunnya hasil belajar peserta didik. Dengan demikian guru diharapkan dapat mengelola pembelajaran dan mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih tepat dan sesuai, agar dapat menarik dan memotivasi siswa untuk mempelajari matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Tujuan dari penelitian ini adalah: kooperatif model STAD dengan penerapan team teaching pada keliling dan luas segitiga siswa kelas IV SDN Jatisari 03 Jenggawah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan terhadap siswa kelas IV SDN Jatisari 03 Jenggawah. Data penelitian adalah data kualitatif. Metode yang digunakan untuk pengambilan data adalah metode observasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan tindakan pada siklus 1 dan 2 pada tanggal 23 November sampai 9 Desember 2011, diperoleh hasil bahwa pembelajaran kooperatif model STAD dengan penerapan team teaching pada penelitian ini diawali dengan tahap persentasi oleh guru yang tergabung dalam team teaching dengan menggunakan metode ceramah yang kemudian dilanjutkan dengan kerja kelompok dalam menyelesaikan masalah pada lembar kerja. Kegiatan dilanjutkan dengan persentasi kelompok setelah lembar kerja telah selesai dikerjakan. Setelah persentasi dilaksanakan maka masing masing siswa akan diberikan kuis secara individual. Skor perkembangan dihitung berdasarkan hasil kuis dan nilai dasar. Setelah itu, guru Berdasarkan tindakan siklus 1 dan siklus 2 diketahui bahwa ada peningkatan persentase aktivitas siswa secara klasikal sebesar 9,02% yaitu dari 75,67% menjadi 84,59%. Persentase rata-rata aktivitas guru Berdasarkan data di atas diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif model STAD dengan penerapan team teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar keliling dan luas segitiga pada siswa kelas IV SDN Jatisari 03 Jenggawah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204197;
dc.subjectPEMBELAJARAN KOOPERATIF, MODEL STADen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD DENGAN PENERAPAN TEAM TEACHING POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS SEGITIGA SISWA KELAS IV SDN JATISARI 03 JENGGAWAHen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record