PELAKSANAAN ADMINISTRASI PEMINJAMAN PADA UNIT USAHA SIMPAN PINJAM KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Dari hasil Praktek Kerja Nyata yang telah dilaksanakan pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia Universitas Jember dalam bidang administrasi pada unit usaha simpan pinjam maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
1. pelaksanaan prosedur administrasi peminjaman pada unit simpan pinajm merupakan suatu rangkaian kegiatan atau kerjasama
antara koperasi dan anggota-anggotanya rnulai dari pengajuan menjadi anggota, permohonan pinjaman yang ditandatangani
oleh pimpinan unit kerja dan bendaharawan gaji yang dilampiri dengan surat perjanjian hutang yang diketahui oleh ahli waris
dan surat kuasa pemotongan gaji.
2. dalam administrasi peminjaman pada unit simpan pinjam diperlukan prosedur yang haws diketahui oleh para peminjam dalam
mengajukan peminjaman uang. Prosedur-prosedur dalam administrasi peminjaman uang pada unit simpan pinjam adalah
sebagai berikut :
a. peminjam sudah menjadi anggota KPRI-UNEJ
b. mengisi formulir permohonan kredit uang yang harus ditandatangani oleh Pimpinan Fakultas, Bendaharawan, Peminjam dan
Ketua dari KPRI-UNEJ
c. mengisi formulir perjanjian hutang uang yang hams ditandatangani oleh Bendaharawan Gaji, Ahli Waris, Peminjam dan Ketua
dari KPRI-UNEJ
d. mengisi formulir surat kuasa pemotongan gaji yang hams ditandatangani oleh Bendaharawan Gaji, Peminjam dan Pengurus
KPRI-UNEJ.