KORESPONDENSI DAN PERIJINAN DI BIDANG PARIWISATA PADA DINAS PARIWISATA DAERAH TINGKAT II KOTAMADYA KEDIRI
Abstract
Setelah melaksanakan Praktek Kerja Nyata di Dinas Pariwisata Daerah Tingkat II Kotamadya Kediri, penulis dapat secara Iangsung mengetahui kegiatan yang dilakukan Dinas Pariwisata Daerah Tingkat II Kotamadya Kediri khususnya dibidang Korespondensi, Perijinan dan Pengembangan Daerah Wisata di Kediri. Berdasarkan uraian sebelumnya, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan dan hasil Prakrek Kerja Nyata antara lain :
1. Korespondensi (surat-menyurat) pada Dinas Pariwisata Daerah Tingkat II Kotamadya Kediri menggunakan sistem "satu pintu" yang artinya surat masuk maupun surat keluar melalui Sub Bagian Tata Usaha.
2. Penanganan Perijinan pada Dinas Pariwisata Daerah Tingkat II Kotamadya Kediri masih belum bisa optimal karena masih relatif baru. Penanganan Perijinan hotel masih terbatas pada Perijinan hotel berkelas "Melati", karena hotel "Berbintang" masih dibawah penanganan Dinas Pariwisata Daerah Tingkat I Jawa Timur.
3. Pengembangan Kawasan Wisata di Daerah Tingkat II Kotamadya Kediri masih terhambat oleh masalah dana.
4. Bahasa Inggris belum bisa digunakan secara optimal karena wisatawan yang ada kebanyakan adalah wisatawan lokal.