PERANAN PRAMUWISATA DALAM CAGAR ALAM DAN TAMAN WISATA KAWAH IJEN PADA BALAI TAMAN NASIONAL ALAS PURWO BANYUWANGI
Abstract
Untuk dapat memberikan kesenangan atau kepuasaan kepada seseorang mungkin agak sukar, tetapi sangatlah menakjubkan kita, seorang pramuwisata dapat melakukannya dengan baik. Karena itu seorang pramuwisata untuk mengetahui keinginan dan selera wisatawan dituntut menyatukan pengetahuan, ketrampilan, dan perasaannya untuk menciptakan kesenaangan yang diinginkan wisatawan yang dibawa.
Di dalam memberikan pelayanannya, seorang pramuwisata tidak boleh membedakan pemberian pelayanan kepada wisatawan. Bagi seorang pramuwisata sesama manusia adalah sama tanpa membedakan ras, bangsa dan agama, karena dalam kepariwisataan orang hanya dikenal secara universal.
Pariwisata sekarang penuh dengan persaingan. Untuk dapat memenangkan persaingan itu bukan dengan memberikan potongan harga atau diskon yang menarik tetapi yang penting adalah pelayanan yang profesional, yaitu pelayanan yang dapat memuaskan yang berkunjung ke daerah tujuan wisata. Pelayanan yang profesional hanya dapat diberikan oleh pramuwisata yang profesional pula, artinya mereka yang selalu berorientasi pada kepuasan wisatawan sebagai konsumen.
Untuk dapat menjadi seorang pramuwisata yang profesional, Pramuwisata harus memiliki pengetahuan, pengalaman, yang didukung oleh ketrampilan (baik secara teoritis maupun tekhnis dalam pelayanan kepada wisatawan pada umumnya) serta keyakinan