OPERASIONAL INFORMATION SERVICE PADA PT. AMANDA LEGIAN DENPASAR - BALI
Abstract
Kegiatan utama Praktek Kerja Nyata yang dilaksanakan oleh penulis di PT. Amanda Legian, adalah sebagai informan (pemberi inforrnasi). Latar belakang penulis mengangkat masalah ini karena seorang informan adalah seorang yang bertugas memberi informasi, petunjuk, dan saran kepada pengunjung atau penanya. Di samping itu, informan harus memiliki kemampuan dan keterampilan yang baik dalam penguasaan materi serta memiliki wawasan yang luas.
Praktek Kerja Nyata ini dilakukan di PT. Amanda Legian yang terletak di Jalan Legian 150 Denpasar - Bali. Alasan pemilihan lokasi ini karena PT. Amanda Legian merupakan sebuah perusahaan yang menjual produk berupa jasa dan konsumennya mayoritas orang-orang dari mancanegara (wisatawan asing). Oleh sebab itu PT. Amanda Legian dirasa cocok untuk dijadikan tempat praktek kerja di bidang bahasa.
Informan sebagai orang yang berhubungan langsung dengan pengunjung atau penanya harus mampu menjalin komunikasi yang baik dengan pengunjung. Kemampuan berbahasa yang baik ditunjang oleh kemampuan menguasai salah satu bahasa asing, khususnya bahasa Inggris akan menambah kelancaran komunikasi antar informan dengan pengunjung. Informan profesional selalu berorientasi pada kepuasan pengunjung dengan cara meningkatkan kualitas terhadap pengunjung sebagai konsumen (yang menitik-beratkan dalam industri pariwisata).