Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Menjiplak Pada Anak Kelompok 1 Di Tk Ilmu Al Qur’an Jember Tahun Pelajaran 2016/2017
Abstract
Pembelajaran motorik halus merupakan pembelajaran yang berhubungan
dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil serta koordinasi antara mata
dan tangan. Pengembangan motorik halus paling sering mengacu pada
penggunaan otot kecil tangan dan kaki yang disesuaikan dengan tahapan
perkembangan anak. Kecerdasan motorik halus setiap anak berbeda-beda, seperti
halnya di TK Ilmu Al Qur’an masih terdapat perekambangan keterampilan
motorik halus anak yang tergolong masih rendah hal ini disebabkan karena
penggunaan metode yang digunakan kurang berjalan secara optimal kerena media
yang digunakan guru terbatas sehingga, ketika proses pembelajaran dikelas untuk
meningkatkan keterampilan motorik halus anak masih belum berjalan secara
optimal. Berdasarkan permasalahan tentang keterampilan motorik halus tersebut,
perlu adanya penggunaan metode yang dapat mengoptimalkan keterampilan
motorik halus anak, metode yang dapat digunakan salah satunya adalah yaitu
metode demonstrasi menjiplak. Pemilihan metode demonstrasi menjiplak untuk
mengembangkan keterampilan motorik halus karena anak-anak kelompok A1 TK
Ilmu Al Qur’an Kaliwates Jember cenderung tertarik saat guru menjelaskan di
kelas.
Berdasarkan permasalahan di atas, dapat dipaparkan rumusan masalah
penelitian ini, adalah: 1) bagaimanakah penerapan metode demonstrasi menjiplak
untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak kelompok A1 di TK Ilmu
Al Qur’an Jember Tahun Pelajaran 2016/2017; 2) bagaimanakah peningkatan
keterampilan motorik halus anak kelompok A1 melalui metode demonstrasi
menjiplak di TK Ilmu Al Qur’an Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Sesuai dengan rumusan masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi menjiplak untuk meningkatkan
keterampilan motorik halus dan mengetahui peningkatan keterampilan motorik
halus anak kelompok A1 setelah diterapkannya metode demonstrasi menjiplak di
TK Ilmu Al Qur’an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran
2016/2017.
Penelit ian ini dilaksankan di kelompok A1 TK Ilmu Al Qur’an dengan
subjek penelitian berjumlah 18 anak, yang terdiri atas 13 anak laki-laki dan 5 anak
perempuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) dengan menggunakan desain penelitian model Arikunto, yang mana tiap
siklusnya terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa tes unjuk kerja,
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan yaitu
analisa data kualitatif dan analisa data kuantitatif.
Penerapan metode demonstrasi menjiplak pada siklus I diawali dengan
pembukaan, tanya jawab materi yang sesuai tema, mendemonstrsikan kegiatan
menjiplak berupa gambar mobil pada anak, mencontohkan kegiatan menjiplak
kemudian anak mengikuti. Pada siklus II diawali dengan pembukaan, tanya jawab
sesuai tema, mendemonstrasikan kegiatan metode demonstrasi menjiplak berupa
gambar perahu layar dan anak mempraktekkan. Hasil dari penerapan metode
demonstrasi menjiplak tersebut menunjukkan adanya peningkatan keterampilan
motorik halus anak kelompok A1 TK Ilmu Al Qur’an Jember berupa nilai ratarata
kelas pada tahap prasiklus 55,5 dan mengalami peningkatan pada siklus I
67,09 kemudian pada siklus II mengalami peningkatan lagi yaitu mencapai 82,38.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan di atas saran yang
diberikan kepada guru adalah untuk menggunakan metode demonstrasi menjiplak
dalam memberikan variasi pembelajaran keterampilan motorik halus anak,
sehingga keterampilan motorik halus anak optimal. Selain itu saran yang
diberikan kepada peneliti lain hendaknya memperhatikan kelemahan dan
kelebihan penelitian ini sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam
penelitiannya.