• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Menjiplak Pada Anak Kelompok 1 Di Tk Ilmu Al Qur’an Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    Roza Kuni Humairoh.pdf (3.663Mb)
    Date
    2017-10-16
    Author
    Humairoh, Roza Kuni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran motorik halus merupakan pembelajaran yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil serta koordinasi antara mata dan tangan. Pengembangan motorik halus paling sering mengacu pada penggunaan otot kecil tangan dan kaki yang disesuaikan dengan tahapan perkembangan anak. Kecerdasan motorik halus setiap anak berbeda-beda, seperti halnya di TK Ilmu Al Qur’an masih terdapat perekambangan keterampilan motorik halus anak yang tergolong masih rendah hal ini disebabkan karena penggunaan metode yang digunakan kurang berjalan secara optimal kerena media yang digunakan guru terbatas sehingga, ketika proses pembelajaran dikelas untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak masih belum berjalan secara optimal. Berdasarkan permasalahan tentang keterampilan motorik halus tersebut, perlu adanya penggunaan metode yang dapat mengoptimalkan keterampilan motorik halus anak, metode yang dapat digunakan salah satunya adalah yaitu metode demonstrasi menjiplak. Pemilihan metode demonstrasi menjiplak untuk mengembangkan keterampilan motorik halus karena anak-anak kelompok A1 TK Ilmu Al Qur’an Kaliwates Jember cenderung tertarik saat guru menjelaskan di kelas. Berdasarkan permasalahan di atas, dapat dipaparkan rumusan masalah penelitian ini, adalah: 1) bagaimanakah penerapan metode demonstrasi menjiplak untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak kelompok A1 di TK Ilmu Al Qur’an Jember Tahun Pelajaran 2016/2017; 2) bagaimanakah peningkatan keterampilan motorik halus anak kelompok A1 melalui metode demonstrasi menjiplak di TK Ilmu Al Qur’an Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Sesuai dengan rumusan masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi menjiplak untuk meningkatkan keterampilan motorik halus dan mengetahui peningkatan keterampilan motorik halus anak kelompok A1 setelah diterapkannya metode demonstrasi menjiplak di TK Ilmu Al Qur’an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017. Penelit ian ini dilaksankan di kelompok A1 TK Ilmu Al Qur’an dengan subjek penelitian berjumlah 18 anak, yang terdiri atas 13 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian model Arikunto, yang mana tiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa tes unjuk kerja, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan yaitu analisa data kualitatif dan analisa data kuantitatif. Penerapan metode demonstrasi menjiplak pada siklus I diawali dengan pembukaan, tanya jawab materi yang sesuai tema, mendemonstrsikan kegiatan menjiplak berupa gambar mobil pada anak, mencontohkan kegiatan menjiplak kemudian anak mengikuti. Pada siklus II diawali dengan pembukaan, tanya jawab sesuai tema, mendemonstrasikan kegiatan metode demonstrasi menjiplak berupa gambar perahu layar dan anak mempraktekkan. Hasil dari penerapan metode demonstrasi menjiplak tersebut menunjukkan adanya peningkatan keterampilan motorik halus anak kelompok A1 TK Ilmu Al Qur’an Jember berupa nilai ratarata kelas pada tahap prasiklus 55,5 dan mengalami peningkatan pada siklus I 67,09 kemudian pada siklus II mengalami peningkatan lagi yaitu mencapai 82,38. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan di atas saran yang diberikan kepada guru adalah untuk menggunakan metode demonstrasi menjiplak dalam memberikan variasi pembelajaran keterampilan motorik halus anak, sehingga keterampilan motorik halus anak optimal. Selain itu saran yang diberikan kepada peneliti lain hendaknya memperhatikan kelemahan dan kelebihan penelitian ini sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam penelitiannya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82092
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15325]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail