Show simple item record

dc.contributor.authorElok Purwati
dc.date.accessioned2013-12-11T08:56:22Z
dc.date.available2013-12-11T08:56:22Z
dc.date.issued2013-12-11
dc.identifier.nimNIM090210204208
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8202
dc.description.abstractPembelajaran IPS di SDN Jatisari 03 Jember masih menggunakan metode pembelajaran yang kurang inovatif, yaitu metode pembelajaran yang menitikberatkan pada guru sebagai subyek yang aktif dalam pembelajaran sedangkan siswa hanya sebagai pendengar materi saja (pasif). Berdasarkan observasi yang dilakukan di SD Negeri Jatisari 03, terlihat siswa masih merasa takut untuk bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru, sehingga hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Dari 23 siswa keseluruhan hanya 6 siswa yang bisa dikatakan tuntas, sedangkan siswa yang tidak tuntas belajarnya adalah 17 siswa. Dengan demikian ketuntasan belajar siswa adalah 30,43%. Cara yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut maka digunakan pembelajaran kooperatif kompetitif. Penggunaan pembelajaran kooperatif kompetitif ini sengaja peneliti pilih karena ingin meningkatkan aktivitas siswa yang dapat diukur dengan indikator : 1) hasrat keingintahuan siswa dalam membuat soal, 2) partisipasi siswa dalam hasil pengerjaan soal terpilih, 3) rasa senang dalam melaksanakan diskusi kelompok, 4) minat dan perhatian siswa terhadap pelajaran, sehingga juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi pada siswa kelas V SDN Jatisari 03 melalui pembelajaran kooperatif kompetitif? 2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi pada siswa kelas V SDN Jatisari 03 melalui pembelajaran kooperatif kompetitif? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, antara lain: 1)Untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS pada pokok bahasan kegiatan ekonomi melalui pembelajaran kooperatif kompetitif pada siswa kelas V SDN Jatisari 03. 2)Untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada pokok bahasan kegiatan ekonomi melalui pembelajaran kooperatif kompetitif pada siswa kelas V SDN Jatisari 03. Berdasarkan hasil penelitian dapat didsimpulkan sebagai berikut: 1) penggunaan pembelajaran kooperatif kompetitif dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi pada siswa kelas V SDN Jatisari 03 tahun pelajaran 2011-2012. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari skor ratarata yang diperoleh sebelum adanya tindakan sangat rendah setelah dilaksanakan siklus I diperoleh 53,64%. Peningkatan tersebut juga terjadi pada siklus II sebesar 60,22% dengan kriteria aktivitas belajar siswa tinggi. 2) peningkatan aktivitas belajar siswa juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat pada ketuntasan klasikal sebelum tindakan dan pelaksanaan siklus. Sebelum tindakan ketuntsan klasikal sebesar 30,43%, siklus I sebesar 59,09%, siklus II sebesar 78,26%. Saran yang dapat diberikan adalah sebagai berikut: 1)bagi guru, berdasarkan hasil penelitian ini pembelajaran kopertif kompetitif dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam mengajar di kelas selain sebagai variasi metode pembelajaran bagi siswa agar siswa tidak bosan sehingga meningkatkan hasil belajar siswa. 2)Bagi peneliti lain, penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk mengadakan penelitian sejenis dengan permasalahan yang lain. 3)bagi siswa, berdasarkan hasil temuan penelitian masih ditemukan beberapa hambatan, maka bagi siswa yang mengalami kesulitan hendaknya diberikan suatu bimbingan secara individu agar siswa lebih memahami materi. 4)Bagi sekolah, metode pembelajaran kooperatif kompetitif dapat digunakan sebagai variasi dalam proses kegiatan belajar mengajar sebagai upaya dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204208;
dc.subjectPENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF, KOMPETITIFen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF KOMPETITIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI PADA SISWA KELAS V SDN JATISARI 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record