• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL DAN EMOSIONAL ANAK KELOMPOK A2 MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK ILMU AL-QUR’AN KALIWATES JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    Nuning Farida_1.pdf (3.827Mb)
    Date
    2017-10-06
    Author
    Farida, Nuning
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan sosial anak merupakan suatu keampuan anak untuk bertingkah laku sesuai dengan norma dan nilai yang ada di lingkungan sekitarnya. Kemampuan emosional merupakan berbagai macam bentuk perasaan seseorang sesuai dengan keadaan yang sedang dialami oleh orang tersebut. Kemampuan sosial dan emosional pada anak sangat diperlukan karena anak hidup dan berkembang ditengah masyarakat. Berdasarkan observasi dan wawancara ditemukan bahwa dari 27 anak hanya 7 anak kemampuan sosial dan emosionalnya sudah baik dan 20 anak belum baik. Penyebab yang mendasari kemampuan sosial dan emosional anak belum baik yaitu metode pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi sehingga anak menjadi bosan. Guru perlu menggunkan metode yang bervariasi dalam pembelajaran salah satunya adalah metode bermain peran. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan metode bermain peran dalam peningkatan kemampuan sosial dan emosional anak kelompok A2 di TK Ilmu Al- Qur’an Kaliwates Jember tahun pelajaran 2016/2017?; (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan sosial anak kelompok A2 melalui metode bermain peran di TK Ilmu Al-Qur’an Kaliwates Jember tahun pelajaran 2016/2017; (3) bagaimanakah peningkatan kemampuan emosional anak kelompok A2 melalui metode bermain peran di TK Ilmu Al-Qur’an Kaliwates Jember tahun pelajaran 2016/2017?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan metode bermain peran dalam peningkatan kemampuan sosial dan emosional anak kelompok A2 di TK Ilmu Al-Qur’an Kaliwates jember tahun pelajaran 2016/2017; (2) meningkatkan kemampuan sosial anak kelompok A2 melalui metode bermain peran di TK Ilmu Al-Qur’an tahun pelajaran 2016/2017; (3) meningkatkan kemampuan emosional anak kelompok A2 melalui metode brmain peran di TK Ilmu Al-Qur’an tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di TK Ilmu Al-Qur’an Kaliwates Jember. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A2 yang berjumlah 27 anak, yang terbagi atas 10 anak perempuan dan 17 anak laki-laki. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan model penelitian Arikunto. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes unjuk kerja. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Proses penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan kemampuan sosial dan emosional anak kelompok A2 di TK Ilmu Al-Qur’an tahun pelajaran 2016/2017 dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dilakukan dengan cara guru (peneliti) menjelakan bahan dan alat yang akan digunakan dalam bermain peran, kemudian guru membacakan dialog yang akan diucapkan oleh masing-masing peran dan anak menirukan, kemudian guru memberi contoh terlebih dahulu sebelum anak-anak memerankan perannya. Pelaksanaan siklus II hampir sama dengan siklus I akan tetapi ditambahkan perbaikan dari perencanaan yang ada pada siklus I. Peningkatan kemampuan sosial dan emosional anak kelompok A2 TK Ilmu Al-Qur’an Kaliwates Jember tahun pelajaran 2016/2017 dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas sosial pada pra siklus 57,78 siklus I 67,58 dan siklus II 81,79 sedagkan rata-rata kelas emosional yaitu pra siklu 57,03 siklus I 68,82 dan siklus II 81,17. Saran yang dapat disampaikan yaitu, guru hendaknya menggunakan metode bermain peran dalam pembelajaran peningkatan kemampuan sosial dan emosional anak, kepala sekolah hendaknya menyarankan pada guru untuk menggunakan metode bermain peran dalam pembelajaran peningkatan kemampuan sosial dan emosional anak, dan untuk peneliti lain hendaknya menjadikan hasil penelitian sebagai acuan dalam penelitian
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81981
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository