dc.description.abstract | Berdasarkan hasil penelitian dan hasil pembahasan, dapat ditarik kesimpulan tentang implementasi strategi pemasaran produk tabungan Tahapan BCA pada PT. Bank Central Asia Kantor Cabang Jember adalah sebagai berikut :
1. Formulasi strategi pemasaran produk tabungan Tahapan BCA yang dibuat oleh CEO PT. Bank Central Asia telah dapat diimplementasikan.
2. Implementasi strategi pemasaran produk tabungan Tahapan BCA mengacu pada kebijaksanaan Kantor Pusat Bank Central Asia, yang dapat dikembangkan sesuai dengan kemampuan Bank Central Asia Kantor Cabang Jember.
3. Strategi Kantor Pusat Bank Central Asia dilakukan untuk memobilisasi dana masyarakat melalui pengembangan Program. Anggaran dan Prosedur yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan Bank Central Asia Kantor Cabang Jember, dengan penjelasan sebagai berikut :
a. Program
Dalam menerapkan program yang telah ditetapkan, Bank Central Asia Kantor Cabang Jember melaksanakannya melalui pengembangan marketing mix atau bauran pemasaran, antara lain:
1. Produk
Bank Central Asia mengeluarkan beberapa kebijaksanaan, seperti : memfokuskan pemasaran pada produk tabungan Tahapan BCA, penempatan mesin ATM BCA di berbagai tempat strategis, memberikan pilihan kartu ATM BCA dan memperbaharui persyaratan untuk menjadi nasabah tabungan Tahapan BCA.
2. Harga
Keputusan harga dibuat karena adanya perubahan harga untuk produk lama dan pesaing mengadakan perubahan harga pada produk yang sejenis. Kebijaksanaan Bank Central Asia adalah menetapkan besarnya suku bunga pada produk tabungan Tahapan BCA.
3. Lokasi / Distribusi / Place
PT. Bank Central Asia Kantor Cabang Jember berlokasi di Jalan Gajah Mada No.14-1 8 yang merupakan pusat perekonomian di Kabupaten Jember. Sedangkan untuk distribusi pelayanan jasa kepada para nasabahnya, Bank Central Asia Kantor Cabang Jember dibantu oleh tujuh Kantor Cabang Pembantu, yaitu : Bondowoso, Tanggul, Trunojoyo, Ambulu, Rambipuji, Kalisat dan Balung.
4. Promosi
Produk tahungan Taiwan BCA di promosikan melalui tiga cara, yaitu: promosi penjulan, iklan dan publisitas. Promosi penjualan seperti: pemberian souvenir. acara Gebyar BCA dan undian Gebyar Millenium. Iklan seperti melalui promosi di media cetak dan media etektronik. Sedangkan publisitas seperti melalui pemberian sumbangan untuk berbagai kegiatan yang sifatnya membangun.
b. Anggaran
Anggaran (budget) oleh Bank Central Asia diperlukan untuk melaksanakan program-program yang telah disusun oleh perusahaan.
Program yang dimaksud adalah program pemasaran tabungan Tahapan BCA yang dikembangkan melalui bauran pemasaran.
c. Prosedur
Dalam rangka masyarakat untuk menjadi nasabah tabungan Tahapan BCA, Bank Central Asia memiliki prosedur untuk menjadi nasabah atau untuk memiliki rekening tabungan Tahapan BCA tersebut. Yaitu, calon nasabah yang bersangkutan harus mengisi formulir pembukaan rekening tabungan Tahapan BCA dan menyetujui Ketentuan-Ketentuan Tabungan Tahapan BCA.
4. Implementasi strategi pemasaran yang dilakukan Bank Central Asia Kantor cabang Jember terutama kegiatan promosi memiliki hubungan yang erat dengan pergerakan jumlah dana masyarakat yang dapat dihimpun melalui produk tabungan, khususnya tabungan Tahapan BCA. | en_US |