dc.description.abstract | Kemampuan kognitif merupakan kemampuan berfikir anak melalui panca indera untuk memperoleh informasi-informasi, gagasan baru dan ide-ide sebagai pengetahuan anak agar dapat hidup di dalam masyarakat sehingga dapat berfikir logis dan dapat memecahkan masalah. Perkembangan kemampuan kognitif pada anak usia dini masuk dalam perkembangan berfikir pra-operasional konkret.
Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi awal di TK Dharma Indria II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember bahwa kemampuan kognitif anak di kelompok A2 rendah. Hal tersebut dikarenakan kurangnya motivasi dan semangat belajar anak, dan guru belum menggunakan media dalam mengajarkan. Salah satu alternatif untuk memecahkan masalah yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak adalah menerapkan media gambar tokoh pahlawan Republik Indonesia. Media gambar tokoh pahlwan Republik Indonesia dipilih karena dapat menjelaskan informasi kepada anak, menarik, efektif dan efisien.
Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) bagaimanakah penggunaan media gambar tokoh pahlwan Republik Indonesia dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A2 di TK Dharma Indria II ? dan 2) bagaimanakah peningkatan kemampuan kognitif anak melalui media gambar tokoh pahlwan Republik Indonesia pada anak kelompok A2 di TK Dharma Indria II ?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian adalah 1) mendeskripsikan penggunaan media gambar tokoh pahlawan Republik Indonesia untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A2 di TK Dharma Indria II dan 2) meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui media gambar tokoh pahlwan Republik Indonesia pada anak kelompok A2 di TK Dharma Indria II.
Subjek penelitian adalah anak kelompok A2 di TK Dharma Indria II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), sedangkan rancangan penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart dengan 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Tindakan penelitian menggunakan media gambar tokoh pahlawan Republik Indonesia dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan Siklus II. Siklus I menggunakan 6 tokoh dengan membagi menjadi 3 kelompok dan guru menunjuk ke tiap kelompok. Pada siklus I anak-anak masih kurang optimal dalam memahami mengenai tokoh pahlawan Republik Indonesia hal ini disebabkan kurang dikenalnya tokoh pahlawan Republik Indonesia, maka dari itu diadakan siklus II dengan lebih memfokuskan terhadap tokoh Pahlawan Republik Indonesia yang banyak dikenal oleh anak. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media gambar tokoh pahlawan Republik Indonesia bisa meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A2 di TK Dharma Indria II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Anak-anak dapat mengelompokkan, menyebutkan dan menunjukkan nama-nama dan asal tokoh pahlawan Republik Indonesia dengan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I yaitu 67,61 dan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 76,19.
Saran bagi guru hendaknya dapat menggunakan media gambar dalam pembelajaran agar anak termotivasi untuk belajar sehingga minat anak bisa tumbuh. Hendaknya guru dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan kognitif anak menggunakan media yang lebih bervariasi lagi. | en_US |