PROSEDUR AKUNTANSI PEMBELIAN BAHAN BAKU DAN PENJUALAN PRODUK JADI PADA PT INDO ROTI PRIMA CEMERLANG CABANG JEMBER
Abstract
PT Indo Roti Prima Cemerlang Cabang Jember merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi berbagai jenis roti. Dalam pengadaan persediaan PT Indo Roti Prima Cemerlang Cabang Jember melakukan pembelian bahan baku dengan prosedur yang telah ditentukan. Selain melakukan pembelian bahan baku, PT Indo Roti Prima Cemerlang Cabang Jember juga melakukan kegiatan penjualan produk jadi untuk memenuhi permintaan konsumen. Untuk memenuhi kegiatan pembelian bahan baku dan penjualan produk jadi pada perusahaan tersebut maka terdapat dua prosedur akuntansi yang harus dilakukan yaitu prosedur akuntansi pembelian bahan baku dan prosedur akuntansi penjualan produk jadi.
1. Prosedur Akuntansi Pembelian Bahan Baku
Pembelian bahan baku dilakukan oleh bagian logistik dengan menginput permintaan barang atau bahan baku kepada Head office atau kantor pusat melalui sistem atau aplikasi yang telah disediakan oleh Head Office atau kantor pusat di Jakarta. Permintaan barang atau bahan baku dilakukan dengan melihat kartu stok gudang terlebih dahulu. Perhitungan bahan baku yang ada digudang dilakukan dengan menggunakan perhitungan metode fisik. Bagian-bagian yang terkait dalam prosedur akuntansi pembelian bahan baku antara bagian logistik, bagian gudang, dan head office atau kantor pusat. Dokumen dan catatan akuntansi yang digunakan antara lain: Surat Permintaan Barang dalam bentuk file, Bukti Penerimaan Barang (BPB), Surat Jalan, Surat Pesanan.
2. Prosedur Akuntansi Penjualan Produk Jadi
Prosedur akuntansi penjualan produk jadi bermula dari sales estimator yang menerima permintaan barang dari toko, bagian PPIC yang membuat target produksi harian, bagian gudang yang menyiapkan persedian bahan baku dengan melihat target produksi harian di bagian produksi, bagian produksi yang mengolah bahan baku menjadi produk jadi, bagian QualityControl untuk memeriksa produk jadi, bagian packing yang berfungsi mengemas produk jadi hingga bagian picking yang mengeset produk jadi yang akan dikirim ke masing-masing toko. Adapun dokumen dan catatan akuntansi yang digunakan antara lain: Surat Permintaan Barang dalam bentuk file, Rencana Produksi, Target Produksi Harian Mr. Bread, Laporan Hasil Oven, Laporan Hasil Produk Jadi, dan Kartu Target Gudang yang digunakan untuk mencatat bahan baku yang keluar.
3. Formulir – formulir yang digunakan pada kegiatan pembelian bahan baku dan permintaan produk jadi antara lain:
a. Kartu Barang
b. Bukti Penerimaan Barang (BPB)
c. Surat Pesanan
d. Surat Jalan
e. Rencana Produksi
f. Target Produksi Harian Mr. Bread
g. Laporan Hasil Oven
h. Laporan Hasil Produk Jadi
i. Kartu Target Gudang
4. Kegiatan yang dilakukan selama Praktek Kerja Nyata antara lain:
a. Membantu bagian gudang mencatat persediaan bahan baku yang ada di gudang pada kartu barang dan mencatat persediaan yang keluar dari gudang pada kartu target gudang.
b. Membantu bagian gudang menerima dan memeriksa bahan atau barang yang datang dari pemasok.
c. Membantu bagian produksi mencatat hasil produk jadi yang baru keluar dari oven pada dokumen laporan hasil oven dan target prdoksi harian Mr. Braed.