Show simple item record

dc.contributor.authorDian Indah Hariyani
dc.date.accessioned2013-12-11T08:33:44Z
dc.date.available2013-12-11T08:33:44Z
dc.date.issued2013-12-11
dc.identifier.nimNIM080210204144
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8190
dc.description.abstractPembelajaran Matematika di SDN Dukuhdempok 03 Wuluhan masih dikategorikan rendah, hal ini terlihat dari rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas V, dikarenakan guru jarang memberikan tugas kelompok pada siswa, materi diajarkan berdasarkan buku dan bukan dari pengalaman siswa, pemanfaatan indera siswa masih kurang dimaksimalkan, dan guru kurang memberikan penguatan serta pujian kepada siswa yang berhasil menjawab pertanyan guru. Berdasarkan data tersebut perlu adanya inovasi terhadap pembelajaran matematika, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intelectually (SAVI) dengan media garis bilangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intelectually (SAVI) dengan media garis bilangan dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika bagi siswa kelas V SD Negeri Dukuhdempok 03 Wuluhan Jember semester gasal tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus pada semester gasal tahun pelajaran 2011/2012. Lokasi penelitian adalah SD Negeri Dukuhdempok 03 Wuluhan dengan jumlah siswa kelas V sebanyak 21 siswa terdiri atas 10 laki-laki dan 11 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Model penelitian tindakan menggunakan model berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dari data hasil post-test tiap siklus diperoleh data peningkatan hasil belajar siswa pada nilai sebelum tindakan persentase ketuntasan klasikal adalah 42,85% (tidak tuntas), pada siklus I meningkat menjadi 52,38% (tidak tuntas), dan siklus II menjadi 95,23% (tuntas). Jadi kesimpulannya bahwa melalui penerapan model pembelajaran pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intelectually (SAVI) dengan media garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika bagi siswa kelas V SDN Dukuhdempok 03 Wuluhan. Agar penerapan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intelectually (SAVI) dengan media garis bilangan berjalan maksimal, maka guru hendaknya mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan secara matang sebelumnya, memperhatikan pengelolaan kelas dan harus menguasai materi yang akan disampaikan. Selain itu, guru hendaknya lebih aktif dalam melakukan inovasi pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan dan kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan. Penggunaan model pembelajaran SAVI hendaknya ditunjang dengan fasilitas pendukung yang diperlukan misalnya media pembelajaran yang sesuai dan menarik agar proses pembelajaran dapat berlangsung optimal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204144;
dc.subjectPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, PENJUMLAHAN BILANGAN BULATen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELECTUALLY (SAVI) DENGAN MEDIA GARIS BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT KELAS V SDN DUKUHDEMPOK 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record