dc.description.abstract | Setiap perusahan shampo berusaha mengungguli perusahaan shampo yang
lain dengan melaksanakan program pemasaran yang efektif. Persaingan yang ketat
antar perusahaan shampo ini menimbulkan strategi segmentasi konsumen yang
berbeda pada setiap perusahaan. Strategi memenangkan persaingan perusahaan
harus melakukan segmentasi pasar, dengan melakukan segmentasi perusahaan
dapat mengetahui segmen-segmen mana yang perlu mendapatkan pelayanan
khusus sehingga diharapkan perusahaan dapat melayani konsumen lebih baik lagi
dan dapat memperbaiki posisi kompetitif perusahaan. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis segmen pasar shampo berdasarkan atribut produk di
Kabupaten Jember serta untuk mengetahui merek shampo apa saja yang ada pada
masing-masing segmen pasar produk shampo di Kabupaten Jember.
Penelitian ini dilakukan dengan memilih responden yang berdomisili di
wilayah Kabupaten Jember dengan umur minimal 17 tahun, dengan asumsi pada
usia tersebut konsumen dapat mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan
sendiri dan yang telah menggunakan salah satu shampo merek Sunsilk, Dove,
Pantene, Clear, dan Rejoice. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data
primer. Data primer tersebut diperoleh dari hasil wawancara dengan
menggunakan kuesioner kepada 90 responden ditentukan dengan menggunakan
teknik stratified random sampling artinya teknik pengambilan sampel dengan
membagi kelompok populasi menjadi beberapa subkelompok berdasarkan kriteria
yang berhubungan dengan variabel dalam penelitian. Metode analisis yang
digunakan adalah Analisis Cluster untuk mengelompokkan objek (responden,
konsumen, produk, dan lain-lain) menjadi lebih sedikit dan menamakannya
sebagai Cluster.
Segmen pasar shampo berdasarkan atribut produk di Kabupaten Jember
adalah terbentuk menjadi 3 cluster, yaitu cluster 1 adalah responden yang
mementingkan atribut aroma dan lembut. Agar dapat mencerminkan atributatribut
tersebut maka cluster 1 sebanyak 36 orang (40%) diberi nama “Cluster
Kelembutan”. Cluster 2 sebanyak 23 orang (25,6%) adalah responden yang
mementingkan atribut harga, merek, busa dan warna. Agar dapat mencerminkan
atribut-atribut tersebut maka cluster 2 diberi nama “Cluster Produk”. Cluster 3
sebanyak 31 orang (34%) adalah responden yang mementingkan atribut
kemasan, bersih dan kental. Agar dapat mencerminkan atribut-atribut tersebut
maka cluster 3 diberi nama “Cluster Keunggulan”. Dari hasil analisis dapat di
nyatakan bahwa responden lebih banyak melihat atribut kelembutan (aroma dan
lembut) dalam menentukan pembelian produk shampo. Merek shampo yang ada
pada masing-masing segmen pasar di Kabupaten Jember adalah kelompok 1
meliputi terdiri dari Dove, Rejoice dan Pantene. Kelompok 2 adalah shampo
Clear. Dan kelompok 3 adalah Sunsilk. | en_US |