• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Kelompok B Melalui Metode Bermain Gerak Dan Lagu Di Tk Pertiwi Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/ 2017

    Thumbnail
    View/Open
    Renita Septi Anggraini - 130210205036.pdf (3.470Mb)
    Date
    2017-09-27
    Author
    Anggraini, Renita Septi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kosakata merupakan kumpulan beberapa kata dari suatu bahasa, dan akan lebih bermakna apabila kata-kata tersebut disusun menjadi kalimat. Saat ini banyak taman kanak-kanak yang memiliki kebijakan untuk mengajarkan kosakata bahasa Inggris pada anak, termasuk TK Pertiwi Kecamatan Gumukmas yang telah mengeluarkan kebijakan untuk mengajarkan kosakata bahasa Inggris pada anak. Kosakata bahasa Inggris hendaknya diajarkan dengan cara yang menyenangkan agar menarik minat anak, kosakata tersebut dapat diajarkan melalui kegiatan bermain dan bernyanyi. Berdasarkan observasi anak kelompok B TK Pertiwi penguasaan kosakata bahasa Inggris anak masih kurang, dari 10 anak kelompok B, 2 anak mampu mengucapkan kosakata dan menjawab pertanyaan tanpa bantuan orang lain, 1 anak mampu mengucapkan kosakata dan menjawab pertanyaan tetapi belum sempurna, 3 anak mampu mengucapkan kosakata bahasa Inggris dan menjawab pertanyaan dengan bantuan orang lain, 3 anak belum mampu mengucapkan kosakata dan menjawab pertanyaan, dan 1 anak tidak mau mengucapkan kosakata dan menjawab pertanyaan. Mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu adanya kegiatan pembelajaran yang menyenangkan untuk menarik minat anak. Kegiatan pembelajaran tersebut yaitu dengan bermain gerak dan lagu yang diharapkan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak dapat berkembang. Berdasarkan permasalahan di atas, dapat dipaparkan rumusan masalah penelitian ini, adalah: (1) bagaimanakah proses penerapan metode bermain gerak dan lagu untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada anak kelompok B di TK Pertiwi; (2) bagaimanakah peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada anak kelompok B setelah diterapkan metode bermain gerak dan lagu di TK Pertiwi. Sesuai dengan rumusan masalah yang telah disebutkan di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendiskripsikan penerapan metode permainan gerak dan lagu untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada anak kelompok B di TK Pertiwi; (2) meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada anak kelompok B melalui metode bermain gerak dan lagu di TK Pertwi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), terdiri dari pendahuluan, perencanaan, pelaksanaan, tindakan, dan refleksi. Teknik pengumpul data berupa tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian setelah dilakukan tindakan menunjukkan, 1) penerapan metode bermain gerak dan lagu ini diawali dengan guru memberikan contoh gerakan beserta lagu, kemudian mengajak anak-anak bernyanyi dan menggunakan gerakan bersama-sama, lagu dan gerakan tersebut diulang beberapa kali sampai anak–anak memahami, setelah itu guru menjelaskan kosakata bahasa Inggris menggunakan gerakan beserta artinya dan mengajak anak-anak bermain gerak dan lagu dengan cara menunjuk anak satu persatu untuk maju ke depan dan menjawab pertanyaan guru. Siklus I terdapat beberapa kendala, salah satunya adalah banyak anak yang bergerak tidak sesuai dengan perintah guru, sehingga pada siklus II dilakukan perbaikan dengan cara Guru memberikan arahan dengan menyebutkan kosakata bahasa Inggris dengan menggunakan bahasa Indonesia. 2) Peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B TK Pertiwi Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember dengan nilai rata-rata kelas pada siklus I yaitu 62,49, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 81,67. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan dalam metode bermain gerak dan lagu dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B TK Pertiwi Tahun Pelajaran 2016/2017. Saran yang diberikan kepada guru hendaknya untuk menggunakan metode bermain gerak dan lagu dalam memberikan variasi pembelajaran penguasaan kosakata bahasa Inggris anak, sehingga penguasaan kosakata bahasa Inggris anak dapat meningkat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81869
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository