Pengaruh Iklan Sabun Cuci Piring Sunlight Di Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Ibu Rumah Tangga Di Kecamatan Patrang
Abstract
Persaingan pasar yang semakin ketat dan konsumen yang semakin kritis
dalam memilih produk membuat para produsen berlomba-lomba dalam
memasarkan produknya, agar dapat unggul dalam persaingan para produsen
berusaha mengelola informasi secara lebih menarik dan menyampaikannya
melalui kegiatan advertising (iklan). Televisi mempunyai keunggulan dalam
menyampaikan informasi karena bukan hanya bisa didengar tetapi juga bisa
dilihat, sehingga penyampaian informasi dengan beriklan di televisi merupakan
cara yang cukup diminati oleh para produsen karena dinilai efektif dan lebih
persuasif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iklan di televisi
terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertempat di kecamatan
Patrang pada bulan Desember 2012.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian penjelasan (explanatory research)
dengan menggunakan metode survai. Populasi penelitian ini adalah ibu rumah
tangga yang berdomisili di kecamatan Patrang yang pernah menyaksikan iklan
sabun cuci piring Sunlight di Televisi. Pengambilan sampel dari penelitian ini
menggunakan metode purposive sampling. Cara pembagian jumlah responden
menggunakan teknik disproporsional sampling. Data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil
penyebaran kusioner pada 144 responden. Data sekunder diperoleh dari tinjauan
penelitian sebelumnya dan buku-buku yang mendukung. Metode analisis data
yang digunakan adalah regresi dengan pendekatan konfirmatori untuk mengetahui
apakah indikator-indikator iklan merupakan pembentuk variabel iklan yang
berpengaruh terhadap keputusan pembelian.