Strategi Mempertahankan Citra Perusahaan Dalam Rangka Memperluas Pangsa Pasar Pada Pusat Pendidikan Komputer Indonesia Amerika (PPKIA) Cabang Jember
Abstract
Dengan melihat seluruh informasi dan data-data yang didapat dari penelitian dan hasil wawancara yang tertuang dalam deskripsi penelitian dan hasil pembahasan, serta dengan adanya interpretasi yang mendeskripsikan data dan informasi yang ada dengan teori yang digunakan, maka dad baliasan strategi mempertahankan citra perusahaan dalam rangka memperluas pangsa pasar dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
1. Bagi perusahaan dalam hal ini, yang telah berkedudukan sebagai market leader dan telah memiliki sekumpulan citra positif maka
PPKIA Cab. Jember memutuskan untuk melaksanakan strategi mempertahankan citra perusahaan demi tercapainya perluasan
pangsa pasar. Strategi mempertahankan citra perusahaan itu sendiri merupakan segala usaha yang dilakukan perusahaan untuk
mempertahankan sekaligus terus meningkatkan citra positif yang selama ini dimiliki PPKIA Cab. Jember.
2. Strategi mempertahankan citra perusahaan ini dilakukan melalui dua cara : (1) pemantapan bauran promosi yang selama ini
dilaksanakan oleh perusahaan dan (2) meningkatkan kepuasan pelanggan melalui peningkatan kualitas pelayanan. Pemantapan
bauran promosi ini dilakukan melalui :
- Periklanan, dengan media seperti : mobil presentasi, radio, koran, stiker dan logo perusahaan, spanduk, papan nama, baliho dan
brosur.
- Promosi penjualan, dengan memberikan voucher dan discount pada saat menjadi sponsor utama event-event inagurasi, pentas
seni dan musik.
- Humas, dengan writen material,audiovisual material dan software,
institutional-identity media, ivent, news, personal contact.
Selain itu, untuk peningkatan kepuasan pelanggan PPKIA Cab. Jember berzpaya meningkatkan kualitas pelayanannya melalui cara-cara sebagai berikut :
- Memperbaiki pelayanan akademis yakni meningkatkan mutu dosen, fasilitas pendidikan, kurikulum pendidikan dan sistem proses mengajar
- Memperbaiki layanan soskul(sosiokultur) melalui penyelenggaraan kegiatan keagamaan, sosial, kesenian, surat-menyurat
dengan ortu siswa dan kemudahaan dalam mengurus pekerjaan.
3. Disamping keunggulan pelaksanaan hal tersebut ternyata
terdapat juga kekurangan yang dirasakan, namun yang paling utama terletak pada masalah biaya dan kualitas SDM yang dalam
hal ini adalah tenaga pengajar beserta staffnya.
4. Setelah dilakukan analisis PPR(Pangsa Pasar Relatif) diketahui bahwa strategi mempertahankan citra perusahaan ini ternyata
sudah cukup mampu memperluas pangsa pasar perusahaan secara keseluruhan. PPR untuk program privat dan DI meningkat
cukup banyak, sementara itu PPR untuk program MSO tidak mengalami kenaikan maupun penurunan. Hal ini disebabkan karena
kebijakan pusat yang mengarahkan PPKIA untuk lebih memfokuskan pangsa pasarnya pada program Dl dan privat, dengan
alasan sebentar lagi akan segera dibuka program D2 komputer.