ANALISIS EKUITAS MEREK MINUMAN SUPLEMEN
Abstract
Setelah data hasil penelitian dianalisis dan diinterpetasikan, langkah selanjutnya adalah dilakukan penarikan kesimputan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap 100 orang responden yang berada di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember, dapat ditarik kesimpulan sebagai ix rikut:
1. Extra Joss nienduduki peringkat kesadaran merek tertinggi untuk kategori brand recall (kesadaran untuk mengingat kembali merek), hal ini dibuktikan dengan sejumlah 89 responden (89 persen) yang menyebutkan keberadaan mereknya Untuk kategori top of mind (kesadaran puncak pikiran) Kmtingdaeng mcnduduki peringkat tertinggi, hal ini dibuktikan dengan sejumlah 38 responden (38 persen) yang menyebutkan pada urutan pertama.
2. Kratingdaen memiliki nilai asosiasi terkuat atas mereknya, yaitu sebagai minuman suplemen yang mcmulihkan stamina yang menurun, hal ini dibuktikan dengan sejumlah 69 Tesponden (69 persen) yang memiliki kesarnaan jawaban
dalam asosiasi tersebut.
3. Extra Joss memihki nilai kesan kualitas tertinggi, hal ini dibuktikan dengan jumlah nilai yang dimiliki sebesar 292 (dan 98 responden). sedangka-n sebagai pedoman yang dijadikan acuan responden dalam menitai balk atau burukiiya kuni-itas suatu produk minuman supieme-n, pertama adalah karakter dan keunggulan produk (79 responden), kedua adaiah ikian yang gencar dan nienarik (10 responden), ketiga adalab harga yang ditawarkan (7 responden).
4. Extra Joss niemiliki nilai loyalitas merek tertinggi dari lima pembelian terakhir yang dilakukan datam satu tahun terakhir, hal ini dibuktikan dengan nilai yang dimiliki sebesar 120 (38 persen).