• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penentuan Strategi Pemasaran Pada Obyek Wisata Umbul Pule di Kabupaten Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    Septi Arista - 090810201149_1.pdf (217.5Kb)
    Date
    2013-12-11
    Author
    Septi Arista
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pariwisata di Indonesia saat ini sudah berkembang, salah satu daearah yang memiliki potensi wisata cukup besar adalah Kabupaten Banyuwangi. Banyuwangi memiliki keunggulan wisata dari pada Kabupaten sekitarnya. Salah satu obyek wisata yang ada di Banyuwangi adalah Umbul Pule. Umbul Pule merupakan obyek wisata pemandian yang sudah lama ada sejak 9 tahun yang lalu, namun 3tahun terakhir ada pesaing baru dan cukup berpengaruh pada kondisi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi pemasaran yang sesuai dan dapat diterapkan untuk obyek wisata Umbul Pule dalam menghadapi pasar dan persaingan. Penelitian ini dilakukan dengan observasi dan wawancara kepada informan penelitian, yaitu orang- orang yang mengerti tentang wisata Umbul Pule dan bisa dipertanggung jawabkan, seperti manajer, karyawan dan juga pengunjung yang sering berkunjung ke tempat wisata ini minimal 3kali kunjungan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer didapat dari hasil wawancara kepada informan dan data sekunder didapat dari literatur yang terkait dengan penelitian, internet, penelitian sebelumnya yang sejenis dan laporan relevan dari perusahaan yang berhubungan dan dapat menunjang penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam analisis ini adalah analisis SWOT, dan IE matriks untuk mengetahui posisi perusahaan saat ini. Sesuai dengan hasil analisis yang telah dilakukan terdapat beberapa alternatif strategi, diantaranya strategi bidang operasional, keuangan, sumber daya manusia dan pemasaran. Dari beberapa alternatif strategi tersebut, alternatif strategi bidang pemasaran yang bisa diterapkan dan sesuai dengan kondisi perusahaan adalah melakukan pengembangan dan variasi fasilitas serta meningkatkan kegiatan periklanan agar lebih dikenal, menerapakan harga promo dengan syarat dan ketentuan dari perusahaan, menjalin kerjasama dengan pihak luar untuk menarik konsumen, mendapatkan pendanaan dan memperluas pangsa pasar, memberikan potongan harga diwaktu tertentu serta meningkatkan kegiatan promosi terutama di pasar lokal yang potensial.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8173
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12397]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository