Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Loyalitas Pada Larissa Aesthetic Center Cabang Jember (The Effect of Service Quality and Experiential Marketing towards the Customer Satisfaction and Loyalty to Larissa Aesthetic Beauty Clinic Center in Jember)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membahas pengaruh kualitas pelayanan dan experiential marketing terhadap kepuasan pelanggan serta loyalitas pada Larissa Aesthetic Center cabang Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Klinik Kecantikan Larissa Aesthetic Center cabang Jember. Sampel yang dipilih berdasarkan kriteria yang ditetapkan dengan teknik purposive sampling sehingga jumlah sampel yang terpilih sebanyak 115 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisi jalur (path analysis). Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t serta untuk menghitung besarnya pengaruh secara langsung dan tidak langsung kualitas pelayanan dan experiential marketing terhadap kepuasan pelanggan serta loyalitas dengan cara menghitung jalurnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan, experiential marketing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas pelayanna berpengaruh signifikan terhadap loyalitas, experiential marketing berpengaruh signifikan terhadap loyalitas, dan kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas.