Meningkatkan Kemampuan menulis kalimat majemuk bertingkat melalui latihan terbimbng pada siswa kelas III-D SLTP 5 tanggul tahun Pelajaran 2001/2002.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kendala yang dihadapi oleh siswa kelas III D SLTP 5 Tanggul dalam pembelajaran kalimat majemuk bertingkat yaitu siswa kurang mampu memahami kalimat majemuk bertingkat dengan anak kalimat pengganti subyek ,anak kalimat pengganti predikat ,anak kalimat pengganti obyek,anak kalimat pengganti keterangan .hal ini merupakan permasalahan yang harus segera di pecahkan .salah satu upaya untuk memecahkan permasalahantersebut adalah dengan tindakan dalam bentuk latihan terbimbing.penelitian tindakan ini dilakukan oleh guru sebagai peneliti dibantu oleh guru lainnya.Subjek penelitian adalah siswa kelas III D yang terdiri atas 34 siswa.Tindakan dalam bentuk pembelajaran dengan menggunakan latihan terbimbing dilakukan oleh guru bahasa indonesia dalam dua siklus yang masing masing siklus mempunyai lima tahapan latihan.